Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Bupati Syarif Dianugerahi Gelar Adat “Tauwa Lo Madala”

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Atas kiprah dan kinerja dalam memimpin, serta membangun daerah Pohuwato, Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, dianugerahi gelar kehormatan adat (Pulanga) Tauwa Lo Madala. Gelar adat yang diberikan oleh ulipu duluwo limopahalaa Provinsi Gorontalo.

Gelar adat Tauwa lo Madala disematkan kepda Hi. Syarif Mbuinga, S.Pdi., SE.MM, karena beliau dinilai mampu membawa perubahan bagi daerah serta masyarakat Pohuwato, dari sisi pelayanan dasar, infrastruktur, hingga ekonomi kerakyatan.

Dalam prosesi penganugerahan gelar adat kepada Bupati Pohuwato, dihadiri para pemangku adat, serta sejumlah tokoh adat. Diantaranya Bupati Gorontalo Utara, Walikota Gorontalo, Ketua DPRD Pohuwato, Kapolres Pohuwato, Ketua lembaga adat kota gorontalo,asisten 2 gorut, Kakan Kemenag Pohuwato, Pimpinan OPD serta para Camat, di Rumah Adat Pohuwato, Selasa (22/9).

Bupati Syarif Mbuinga seusai mengikuti prosesi penganugerahan gelar adat menyampaikan, bahwa di dua periode kepemimpinannya, sejak tahun kedua dan ketiga periode pertama, dimana seluruh pemangku adat Provinsi Gorontalo telah bermusayawarah, dan berepakat untuk memberikan gelar adat tersebut.

“Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat dan lembaga adat yang telah memberikan penghargaan sebagai pulanga “Tauwa Lo Madala,“ ungkap Bupati Dua Periode tersebut.

Menurut syarif, bahwa pemberian gelar adat tersebut sesungguhnya bukan tertuju kepada dirinya, melainkan dipersembahkanya untuk masyarakat adat Pohuwato.

“Gelar adat tersebut merupakan bentuk pengakuan absolut, yakni pengakuan yang tegas bahwa, Pohuwato merupakan bagian Provinsi Gorontalo dan merupakan daerah adat yang menjadi satu kesatuan dengan daerah adat yang ada di Provinsi Gorontalo,” pungkasnya. (FN07)

 83 total views

Facebook Comments