Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Bupati Syarif Sambut Kunjungan Menteri PDTT di Kabupaten Pohuwato

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, sambut kunjungan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Kabupaten Pohuwato, dalam rangka menandatangani prasasti Desa Banuroja sebagai desa pancasila dan Desa Damai Berkeadilan.

Kunjungan menteri PDTT ke kabupaten pohuwato dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur, Kepala BNPT, Wakil Kepala BPIP, Rektor UNG, Bupati Pohuwato serta para Rektor, unsur pejabat UNG, Sabtu (19/9/20).

Dalam sambutanya, Bupati Syarif Mbuinga menyampaikan selamat datang kepada Mentri PDTT bersama rombonga di Bumi Panua Pohuwato. Dirinya juga melaporkan kondisi Kabupaten pohuwato yang terdiri dari 13 kecamatan, 101 Desa, 3 Kelurahan dan 1 unit pelaksanaan teknis pemukiman transmigrasi.

Tak hanya itu, Bupati Syarif menjelaskan bahwa tempat kegiatan tersebut berada di desa Banuroja yang merupakan nama desa yang disepakati oleh para pendirinya di tahun 2003, dari nama desa tersebut memiliki akronim yakni, BA. Bali, NU. Nusatengara, RO. Gorontalo, JA. Jawa.

“Keberagaman dan keberadaan suku ini pula telah terimplementasi dalam kehidupan sosial warga masyarakat, dimana tempat tersebut terdapat 23 tempat ibadah yang sling berdekatan, yakni mesjid, Gereja dan Pura,” ungkap Syarif

Ditambahkan, jumlah penduduk islam sebanyak 609 jiwa atau 55%, penduduk Hindu sebanyak 495 jiwa 49% dan penduduk kristiani sebanyak 48 Jiwa atau 5%. Meski demikian, hingga sampai saat ini kehidupan damai, harmonis di desa Banuroja masih tetap terpelihara serta terjaga, baik di desa Banuroja maupun di desa lainya.

“Tentu ini tidak lepas dari gagasan dan kecerdasan rektor UNG, dimana rektor ung 7 sebelumnya telah menetapkan Desa banuroja sebagai desa pancasila, hal ini tidak lain adalah pilosopi kehidupan damai dan harmonis masyarakat yang ada, dan UNG merupakan perguruan tinggi yang terkemuka di gorontalo,” jelasnya.(FN07)

 62 total views

Facebook Comments