Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemda Pohuwato Gelar Peringatan 10 Muharram

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Tanggal 10 Muharram atau yang biasa dikenal oleh umat muslim sebagai hari Asyura adalah saat bersejarah karena di tanggal itu banyak terjadi kejadian besar yang mempengaruhi sejarah Islam.

Kejadian bersejarah itu antara lain Allah menjadikan bulan, bintang, dan matahari, diciptakannya Nabi Adam dan Siti Hawa, Allah menjadikan surga serta memasukkan Nabi Adam ke dalamnya.

Olehnya, setelah perayaan 1 Muharram, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pohuwato juga menyambut Hari Asyura tepatnya pada 10 Muharram yang bertempat di Masjid Agung Baiturrahim, Jumat (28/8).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Penjabat Sekda, Iskandar Datau, Forkopimda, Assisten serta pimpinan OPD.

Dalam sambutanya, Iskandar Datau menjelaskan bahwa dalam sejarah banyak kejadian yang dialami para nabi dan rasul pada hari asyura seperti Nabi Ibrahim yang diselamatkan oleh Allah dari api, Nabi Ayub sembuh dari penyakitnya, Nabi Musa selamat dari kejaran Fir’aun, Nabi Yunus diselamatkan dari perut ikan serta masih banyak lagi.

“Kejadian dan keistimewaan tersebut selalu kita peringati pada malam 10 Muharram termasuk kita yang berada di Kabupaten Pohuwato. Insya Allah pada peringatan 10 Muharram ini bisa menyelamatkan kita semua dari bencana alam serta bencana yang kita hadapi saat ini,” terangnya.

Sementara itu Ust. Fahri Djafar dalam hikmahnya menyampaikan bahwa di hari asyura Allah menciptakan 10 macam ciptaan yang maha agung atau besar. berupa Allah menciptakan langit dan bumi, menciptakan lautan, menciptakan gunung-gunung bahkan Allah menciptakan Arsy.

“Kemudian juga Allah memberikan pertolongan kepada 10 nabi dan rasul pada peristiwa yang besar yang terjadi pada 10 Muharram. Pertolongan yang diberikan kepada 10 rasul itu dibalik persitiwa sesungguhnya dalam kehidupan kita tidak terlepas dari ikhtiar dan usaha sebelum datang pertolongan Allah,” Pungkasnya. (FN07)

 100 total views

Facebook Comments