Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Perdana, Nasdem Gorontalo Akan Menggelar Diklat Pendidikan Karakter Dan Wawasan Kebangsaan

Faktanews.com (Daerah) – kabupaten Gorontalo, Partai Nasdem Gorontalo akan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Karakter dan Wawasan Kebangsaan pertama di Gorontalo. Kegiatan yang akan di buka langsung oleh Gubernur Akademi Bela Negara (ABN), I Gusti Kompyang Manila itu, tengah dipersiapkan dengan matang.

“ Pelatihan ini, secara nasional di DPP NasDem ada Akademi Bela Negara yang kurang lebih selama Empat bulan pesertanya menimba ilmu tentang pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan. Dalam sejarahnya, perwakilan peserta dari Gorontalo di angkatan pertama dan kedua sudah diikuti oleh 16 orang. Artinya, kegiatan ini juga mengadopsi apa yang dilaksanakan oleh ABN namun disini hanya dilaksanakan selama Tiga hari dengan materi-materi yang salah satunya mengangkat tema kearifan lokal, baik itu adat istiadat dan budaya yang ada di Gorontalo. Tujuannya yakni untuk meningkatkan SDM Partai yang berintegritas, cerdas militan, loyalitas, kepatuhan dan punya nilai tambah,” Ungkap Rustam Akili selaku Ketua DPD Nasdem Kabupaten Gorontalo, Rabu, (26/8/2020).

Labih lanjut, Rustam mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga sebagai implementasi 4 pilar kebangsaan yang selama ini menjadi program utama Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel (RG). Selain itu kata Rustam, sebagai niatan RG untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“ Sebagai Wakil Ketua DPR RI dan juga Anggota DPR/MPR RI, Pak Rachmad melihat Empat Pilar Kebangsaan harus diimplementasikan, dalam artian harus ada prakteknya. Dan yang berada di garda terdepan pada pelaksanaan kegiatan ini, adalah adik-adik jebolan ABN angkatan pertama dan kedua. Nah untuk informasi, pihak-pihak yang akan hadir sebagai pemateri adalah Pak Rachmad Gobel sebagai Wakil Ketua DPR RI sekaligus Komando Pemenangan Nasdem Wilayah Sulawesi, Pak Gubernur ABN Jendral IGK. Manila dan tim perumus ABN itu sendiri,” Tutur Rustam.

Dia menyampaikan bahwa, kegiatan Diklat ini, baru pertama kali di lakukan di Provinsi Gorontalo. Sehingga, dia berharap kegiatan tersebut akan sukses dan biasa menjadi Pilot Project di DPW Partai Nasdem di seluruh Indonesia.

“ Program ini adalah program pertama Partai Nasdem di Indonesia dari Gorontalo, disamping ABN yang  sudah menjadi kurikulum ditingkat Nasional. Tetapi, apa yang menjadi materi pembelajaran di ABN akan kami tambah dengan pengetahuan daerah dalam hal ini adalah kearifan lokal seperti pengetahuan adat istiadat dan budaya daerah Gorontalo. Dimana pematerinya akan kami hadirkan tokoh-tokoh adat dan akademisi, yang kesemuanya tetap tidak lari dari pemahaman bagaimana berbangsa dan bernegara yang baik,” Tambah Rustam.

Sementara itu, Rusli Dunggio, ketua panitia pelaksana diklat Nasdem Gorontalo mengatakan, persiapan pelaksanaan kegiatan yang perdana bagi seluruh Partai Nasdem se Indonesia itu sudah mencapai 95 persen.

“ Alhamdulillah persiapan kegiatan ini sudah mencapai 95% dan apa yang kami siapkan sudah sesuai dengan item-item yang masuk dalam rangkaian kegiatan diklat ini. Namun sebelumnya, kami atas nama panitia mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada bapak Rachmad Gobel atas perhatian dan dukungannya atas pelaksanaan kegiatan ini. Untuk diketahui, kami panitia pelaksana itu semua mayoritas adalah milenial yang terdiri dari Garda Pemuda Nasdem, beberapa pengurus DPW dan khususnya kami alumni dari Akademi bela Negara DPP Nasdem pada angkatan pertama dan kedua yang berjumlah 16 orang. Alhamdulillah ini adalah sebuah penghargaan bagi kami, karena dipercayakan untuk melaksanakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan diseluruh Indonesia dari Gorontalo. Tentunya, seluruh materi yang akan diterapkan pada diklat ini sepenuhnya mengadopsi apa yang telah dilaksanakan di ABN. Namun seperti penuturan kaka Ketua sebagai Ketua Penyelenggara yakni kaka Rustam Akili bahwa materi nilai-nilai tentang kearifan lokal telah kami tambahkan,” pungkasnya. (Fn12)

 551 total views

Facebook Comments