Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Alami Penurunan PAD, Aswan : Penyertaan Modal Pemda Boalemo Ke BSG Dialihkan Saja

Faktanews.com (Daerah) – kabupaten Boalemo, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Boalemo, Aswan Djamaluddin meminta penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Boalemo di Bank Sulut Gorontalo (BSG) untuk dipindahkan.

Saat dihubungi melalui media sosial Whatsapp nya, Kamis, (13/8/2020), Aswan menyampaikan bahwa penyertaan modal Pemda Boalemo di BSG sebanyak 47 Miliyar. Namun kata dia, Deviden yang masuk ke daerah pada tahun 2020 mengalami penurunan angka.

” Penyertaan Modal ke BSG itu sebanyak 47 miliyar, dan deviden yang di dapatkan pada tahun 2019 itu sekitar 9 miliyar, namun pada tahun 2020 ini mengalami penurunan dan hanya mendapatkan sebesar 5 milyar,” Ungkapnya.

Menurutnya, hal ini sangat tidak sesuai dengan peraturan daerah Peraturan Daerah kabupaten Boalemo no 40 tahun 2005 yang sudah di revisi dengan Perda No 6 tahun 2009 tentang penyertaan modal pemerintah daerah kabupaten Boalemo kepada PT Bank Sulut.

” Dalam Perda no 40 tahun 2005 yang sudah direvisi dengan Perda No 6 tahun 2009 , pasal 2 ayat 1 menjelaskan bahwa penyertaan modal daerah ke PT Bank Sulut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah dan pertumbuhan perekonomian daerah, kejadian itu sangat bertolak belakang dengan Perda tersebut,” Tuturnya.

Lebih lanjut kata dia, jika deviden tersebut hanya mengalami penurunan, maka sebaiknya penyertaan modal di alihkan ke BUMN atau BUMD.

” Jika deviden mengalami penurunan, maka sebaiknya dialihkan saja penyertaan modal nya ke BUMN atau ke BUMD, atau bisa dikurangi, dan bisa dialihkan ke bank lain. Dan ini juga mengacu pada UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pasal 304 ayat 2,” Tukasnya. (Fn12) 

 375 total views

Facebook Comments