Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Persoalan Amoral, F-ORLI Gorontalo Minta Lembaga Adat Panggil Bupati Kabgor

Sumber Foto, Jelajah Langkah

Faktanews.com (Daerah) – kabupaten Gorontalo, Forum Orientasi Lintas Inspirasi (F-ORLI) Gorontalo menanggapi pemberitaan terkait beredarnya rekaman dan screenshhot Whatsapp yang menyebut nama Bupati kabupaten Gorontalo (Kabgor) Nelson Pomalingo. Pasalnya, isu yang berbeda di masyarakat tesebut, dinilai sangat bertentangan dengan falsafah yang dimiliki oleh Gorontalo sebagai Daerah yang dijuluki “Serambi Madinah” itu.

Ludin Olii, selaku ketua F-ORLI Gorontalo itu mengungkapkan bahwa masyarakat dan pemimpin Gorontalo harusnya menjunjung tinggi falsafah Gorontalo yaitu “Adat Bersendikan Syara’ dan Syara’ Bersendikan Kitabullah” Untuk dilaksanakan sebagai warisan leluhur Gorontalo.

“ Gorontalo ini daerah adat, dan nilai – nilai Islam sangat kental disini. Bahkan Falsafah kita seharusnya menuntut kehidupan sehari-hari kita sebagai masyarakat dan pemimpin kita. Sebab ini adalah warisan suci leluhur yang harusnya kita jaga terus,” Ungkap Aba Ludin (Sapaan Akrab Ludin Olii).

Lebih lanjut, dia mengatakan persoalan yang menimpa kabupaten Gorontalo belakangan ini, sudah sangat meresahkan masyarakat. Sehingga pihaknya meminta Lembaga Adat untuk menggunakan hak dengan memanggil Bupati Nelson Pomalingo untuk mengklarifikasi atas isu Amoral yang telah beredar di masyarakat.

“ Kami berharap agar Lembaga Adat segera melakukan hak nya untuk klarifikasi kepada Khalifah/ Ta Uwa tentang isu yang sudah beredar belakangan ini. Ini sangat mencemarkan nama baik Pemerintah Daerah. Bahkan kami meminta untuk menghadirkan sumber dari berita yang telah menyebarkan isu ini, karena ini telah menjadi polemik serta preseden buruk dikalangan masyarakat,” Tegasnya.

Sementara itu, Tokoh Pemuda Limboto Irfan Isa ketika dimintai tanggapannya mengatakan bahwa dirinya sangat mendorong serta mendukung sepenuhnya atas upaya-upaya dari segala elemen untuk menuntut kebenaran atas isu tersebut. Apalagi, kata Irfan ini berhubungan dengan kepala Daerah.

“ Kita wajib mendukung itu bahkan kalau bisa kita dorong agar segala upaya-upaya dari lintas elemen yang meminta dan menuntut kebenaran atas isu itu, wellcome bila itu diwujudkan. Terkait dengan tuntutan dari teman-teman ORLI harus kita dukung dan kita wajib mendengarkan langsung dari pihak-pihak terkait, biar tidak jadi fitnah,” pungkasnya. (Fn12)

 413 total views

Facebook Comments