Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Ada Indikasi Penggelapan, Nanang Syawal Pertanyakan Anggran Ratusan Juta Di Desa Suka Mulya

Faktanews.com (Daerah) – kabupaten Boalemo, Ketua Lembaga Pengawas Kebijakan Pemerintah Dan Keadilan (LP-KPK) kabupaten Boalemo Nanang Syawal pertanyakan anggaran ratusan juta di desa Suka Mulya, Kecamatan Wonosari, yang diduga digelapkan.

Nanang Syawal mengatakan, berdasarkan informasi yang dihimpun, anggaran yang sudah masuk ke rekening desa sebesar Rp. 1.345.506.508,00.

” APBDes Suka Mulya, se perkiraan saya yang sudah masuk ke rekening desa sebesar, Rp.1.345.506.508,00 yang terdiri dari dan Silpa, Rp.20.413.108,00, ADD I, Rp.462.277.800,00, DD I, Rp.433.569.200,00, dan DD II, Rp.429.246.400,00, ” Jelas Nanang.

Lebih lanjut kata nanang, jika melihat dari kronologi laporan tersebut, maka patut dipertanyakan sistem penarikan  uang yang diberlakukan terhadap desa.

” Jika melihat uraian laporan (kronologis) maka, patut dipertanyakan sistem penarikan keuangan yang diberlakukan terhadap desa, karena kesan yang bisa kita ambil dari kejadian ini adalah kurang pengawasan terhadap sistem ini (terdapat beberapa kali transaksi-transfer dalam waktu satu hari). Berikut, apakah kaur keuangan (bendahara) memiliki user kades dan sekdes?,” Tuturnya.

Dia juga mengatakan, sangat menyayangkan pengawasan APIP dalam hal ini Inspektorat yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.

” Kejadian ini harusnya bisa diantisipasi oleh APIP (Inspektorat) bila mereka benar-benar melakukan pekerjaan yang baik dan benar,” Tukas Nanang.

” Uang desa yang di duga digelapkan ini termasuk gaji aparatur desa selang bulan Juli s/d Oktober. Jika uang ini tak mampu dikembalikan maka langkah apa yang harus di buat oleh Pemda Boalemo?. Saya sarankan untuk meminta bantuan Bupati,” Pungkasnya. (Fn12)¬†

 621 total views

Facebook Comments