Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Kepala Desa Diloato Bantah Bahwa Dirinya Lakukan Pungli

Faktanews.com (Daerah) – kabupaten Boalemo, Kepala desa Diloato, Kecamatan Paguyaman, Anton Naki, membantah bahwa dirinya melakukan “Pungutan Liar” terhadap warga yang melakukan penambangan pasir di wilayah Diloato.

Kepada media fakta news, Anton menyampaikan bahwa pungutan tersebut berdasarkan permintaan masyarakat. ” Yang bersangkutan ini, masyarakat minta membayar retribusi sesuai Perdes (Peraturan Desa), di Perdes itu 5000/RitPak,” Jelasnya.

Sebelumnya kata Anton, bahwa pemilik tambang pasir yang beroperasi di dusun Delita, Diloato itu memang sudah dilakukan pertemuan didesa karena tidak pernah membayar kontribusi ke desa.

” Awalnya itu 5000 pak, dan saya sebagai pemerintah Desa mengambil jalan tengah agar dia masih biasa beroperasi, penuhi permintaan masyarakat, dengan catatan saat hujan tidak boleh memuat pasir, ” Ungkapnya.

Lebih lanjut kata dia, kesepakatan didesa, kontribusi tersebut diberikan ke dusun untuk perbaikan jalan di dusun Delita.

” Berdasarkan catatan saya, dia menyetor itu nanti di bulan 4 (Red-April). Dan dia menyetor itu tiap hari, kadang 4 atau 5 hari baru datang menyetor satu kali. Dan BPD sudah melakukan musyawarah dengan saya bahwa yang bersangkutan pada bulan 4 dia baru menyetor, berdasarkan pernyataan BPD ke saya,” Ungkapnya.

Dia juga menambahkan bahwa jumlah uang diterima tidak sesuai dengan jumlah yang diberitakan sebelumnya.

” Berdasarkan catatan saya yang selama ini dikasih di rumah, hanya sekitar 6 juta lebih, tidak semacam jumlah yang diberitakan itu,” Tukasnya. (Fn12) 

 635 total views

Facebook Comments