Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

KPU Pohuwato Gelar Bimtek Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Pilkada 2020

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, KPU Pohuwato laksanakan Bimtek kaitan dengan verifikasi faktual calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato tahun 2020 dengan PPK se Kabupaten Pohuwato yang berlangsung di Aula KPU, Rabu (24/6).

Saat diwawancarai, Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali, mengatakan bahwa bimbingan teknis yang dilaksanakan ini guna mematangkan persiapan PKK di masing masing kecamatan dalam rangka verifikasi faktual calon perseorangan yang di mulai pada tanggal 24 juni – 12 Juli 2020.

Pemahaman teknis terkait pelaksanaan verifikasi faktual calon perseorangan ini, lanjut Rinto, sangat penting bagi penyelengara dibawah, karena di situasi pandemi covid-19 saat ini tidak semua wilayah bisa dijangkau oleh KPU. Sehingga, PPK selaku perpanjangan tangan KPU di wilayah masing masing kecamatan dapat maksimal melakukan verifikasi tersebut.

“melalui bimbingan teknis ini mereka bisa mendapat ilmu baik tata cara verifikasi, teknis dan mekanisme sehingga mereka penyelenggara tersebut dapat menguasainya,” ungkap Rinto

Adapun materi yang diberikan oleh pihak KPU kepada penyelenggara PPK adalah hal hal penting yang harus diketahui oleh penyelenggara baik PPK maupun PPS, karena ruang atau kewenangan verfak adalah PPS di bawah kendali PPK.

” Ini tidak akan menjadi kesulitan bagi PPS dilapangan pada saat melaksanakan verifikasi faktual, karena Pohuwato di posisi pandemi covid-19 dengan 3 Bapaslon yang di faktual dengan jumlah kurang lebih 40,585 yang akan disensus oleh PPS di 104 Desa. Dan ini butuh penguatan yang harus lengkap,” Tutup Rinto Ali (FN07)

 136 total views

Facebook Comments