Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Babinsa Ajak Masyarakat Tertib Sholat Dimasa Covid-19

Faktanews.com. (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah, Sersan Satu (Sertu) Hermansyah, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1502-04/Geser Kecamatan Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), mengajak masyarakat jamaah Masjid Radatul Jannah untuk tertib menjalankan sholat di masa pandemi Covid-19. Ajakannya untuk menerapkan kebijakan 10 poin protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan ibadah shalat berjamaah.

” Tujuan saya ajak masyarakat merapkan protokol kesehatan Covid-19 dalan menjalankan sholat,  semata-mata upaya untuk antisipasi penyebaran wabah Covid-19 bagi masyarakat di kota Geser yang akan menerapkan tatanan normal baru (New Normal) yang aman dari Covid-19.” Tegas Hermasyah kepada Dandim 1502/Masohi Lekol Inf Nunung Wahyu Nugroho. Dalam rilis yang diterima Fakta News. Com di Masohi,  Sabtu, (20/6).

Penerapan protokol kesehatan kata Hermansyah,   hal itu sebagai wujud memenuhi harapan dan kerinduan umat Islam yang ada di Geser untuk beribadah di Masjid Radatul Jannah. Untuk memenuhi itu maka
sepuluh poin protokol kesehatan harus dipatuhi jamaah yang sholat berjamaah sebagai upaya antisipasi penyebaran wabah covid 19.

” Jamaah wajib pakai masker, membawa sajadah dari rumah, berwudhu dari rumah, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh yang dibatasi lebih kurang 37,3 C, tidak membawa anak-anak, jaga jarak satu meter, jamaah tidak bersalaman. Dan untuk sholat jumat, hatib khutbah hanya sepuluh menit, dan ini berjalan baik, nantinya bisa menjadi model bagi Kecamatan dan daerah lain yang bersiap menuju new normal. Masyarakat mesti harus terbiasa disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai bagian dari kehidupan baru aman Covid. Baik dalam aktivitas ekonomi, sosial, pekerjaan, dan ibadah berjamaah di Masjid, Mushalla dan rumah ibadah lainnya di Kec Geser, Masyarakat sadar dan membudayakan pakai masker, jaga jarak, pola hidup bersih cuci tangan pakai sabun.” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kecamatan (Camat) Geser Akil Rumain, S.Pd. Sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Babinsa dalam penerapan tatanan menuju kehidupan normal baru dan Kecamatan Geser mendukung penuh. Apalagi pihaknya benar-benar telah optimal menyiapkan semua sektor, terutama dari sisi keagamaan dan perekonomian.

” Kita mendukung pelaksanaan shalat berjemaah, telah mengatur sesuai protokol Covid-19. Bahkan sampai dengan posisi mimbar di masjidpun diatur, harus ada jarak antara khatib dengan jamaah. Dianjurkan juga dalam ibadah shalat menggunakan ayat-ayat pendek, dan mempersingkat pelaksanaan khutbah. Bagi jamaah yang tidak menggunakan masker tidak diperkenankan masuk.  Kemudian bagi yang kurang sehat atau yang memiliki gejala demam, batuk dan bersin juga tidak diperkenankan shalat berjamaah di masjid, langka ini baik untuk semua,” ujarnya. (FN/Uc)

 96 total views

Facebook Comments