Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemda Pohuwato Gelar Pertemuan Dengan Pelaku UMKM

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Bupati Kabupaten Pohuwato, Syarif Mbuinga, menggelar pertemuan bersama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Aula Panua Kantor Bupati, Senin (22/6).

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan jalin kerjasama secara daring dengan pihak National support for local invesment climates (NSLIC),

Dalam pertemuan tersebut dihadiri penjabat sekda, Iskandar Datau, Pelaku UMKM, Bappeda Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas perindustrian dan perdagangan Provinsi Gorontalo, Kepala dinas Pangan Pohuwato, Kepala dinas pertanian Pohuwato.

Dalam penyampaiannya, Bupati Syarif mengungkapkan bahwa untuk memperkuat UMKM dan koperasi ditengah pandemi Covid-19. Karena akibat pandemi tersebut membuat aktivitas perekonomian di Pohuwato, melemah.

“Pandemi covid-19 membuat dampak yang signifkan terhadap melemahnya kondisi keuangan daerah yang pasti berimplikasi terhadap melemahnya ekonomi daerah,” Ungkap Bupati Syarif.

Dimana Kondisi ini membuat estimasi pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 73 Miliyar Rupiah, berpotensi terjadi pengurangan 20 persen. Sementara untuk dana alokasi Umum (DAU) juga terjadi pengurangan 35 persen, yang pemotongan anggaran tersebut dilakukan oleh kementrian keuangan.Tidak hanya itu, Dana alokasi khusus (DAK) juga langsung dilakukan pemotongan sebesar 38 persen.

Akibat pemotongan DAU dan DAK tersebut berdampak pada kebijakan strategis pemerintah daerah Pohuwato, yaitu mendorong peningkatan dunia usaha dan sektor UKM dan IKM yang ada di Pohuwato. Saya ingin menyampaikan refocusing anggaran, yang semula direncanakan untuk program tertentu, maka program yang telah dierencanakan sebelum pandemi itu harus dirubah, harus direfocusing untuk penanganan covid disektor kesehatan, dampak ekonomi ,serta bantuan jaring pengaman sosial.

Syarif berharap, ditengah pandemi ini pelaku UMKM dan Koperasi di Pohuwato harus didorong dalam rangka menguatkan kembali kondisi ekonomi daerah yang melemah akibat penyebaran pandemi covid-19. (FN07)

 109 total views

Facebook Comments