Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Pembangunan Huntap Pasca Bencana Masih Terkendala, Ini Penjelasan Walikota Palu

Faktanews.com (Daerah) – Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu Gelar Rapat Bersama Satgas Percepatan Pembangunan Pasca Bencana, yang dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Hidayat Lamakarate, dan Wakapolda Sulteng, dan sejumlah pejabat pemerintah kabupaten Sigi, dan Donggala, Senin (15/6).

Rapat tersebut, bertujuan untuk mengetahui perkembangan pembangunan pemukiman dan perumahan masyarakat Kota Palu, Sigi, dan Donggala pasca bencana Gempa Bumi, Tsunami, dan Likuifaksi yang terjadi 28 September 2018 lalu.

Dalam rapat yang digelar di kantor Walikota Palu itu, diketahui masih ada sejumlah kendala yang dihadapi dalam menyelesaikan pembangunan Huntap (Hunian Tetap), diantaranya masalah pembebasan lahan. Pada pertemuan tersebut juga, Walikota Palu Hidayat mengakui saat ini masih ada persoalan lahan yang belum selesai, dan masih terdapat sekelompok masyarakat yang mengklaim kepemilikan lahan.

Dansatgas percepatan pembangunan pasca bencana, Danrem 132 Tadulako Farid Ma’aruf, meminta kendala yang ada saat ini, segera ditangani oleh setiap pihak terkait. ” kami bersama Polri akan siap mendukung dan membantu pemerintah setempat untuk melakukan pendekatan teritorial dan persuasif agar secepatnya permasalahan lahan bisa terselesaikan,”

Selain itu, Danrem dan Wakapolda pun menegaskan jika ada oknum TNI atau Polri yang terlibat persoalan lahan sehingga menghambat pembangunan, akan menindak tegas oknum tersebut karena diduga ada oknum TNI atau Polri yang terlibat.

Sementara itu Sekda Provinsi Hidayat Lamakarate, mengatakan, terkait dana santunan duka 15 juta perjiwa bagi korban bencana yang sampai saat ini sebagian belum tersalurkan, dikarenakan anggarannya belum tersedia.

” Secara administrasi dan aturan, penerima bantuan tersebut sudah memenuhi syarat, akan tetapi kenapa belum tersalurkan dikarenakan dana santunan duka tersebut belum tersedia di Kementerian Sosial Pusat. Namum kami melalui Dinas Sosial Baik Dinsos Kab/Kota Provinsi masih terus berkordinasi dan mengupayakan agar dana santunan duka bisa secepatnya tersalurkan, ” Tuturnya (Fn/NR)

 144 total views

Facebook Comments