Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Serius Tangani Covid-19, Longki Djanggola: Labkes Sulteng Bisa Periksa Swab Test

Faktanews.com (Daerah) – Sulawesi Tengah, Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola tinjau langsung kesiapan Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Sulteng untuk pemeriksaan Swab Test dengan metode PCR, untuk mendeteksi infeksi Covid-19, Kamis (30/4).

” Pengoperasian Lab untuk pemeriksaan sampel swab, baru akan dilaksanakan Senin (3/5/2020) besok, ” Kata Gubernur Longki.

Gubernur Longki saat meninjau kesiapan Labkes

Lebih lanjut Kata Longki, Labkes akan mampu memeriksa hingga 27 sampel setara dengan 2 siklus, atau dalam waktu 10 jam jika 1 siklus membutuhkan waktu 5 jam.

” Lab juga mampu menyimpan hingga 1000 sampel swab sehingga tidak menutup kemungkinan lab bisa menerima sampel dari provinsi tetangga seperti Gorontalo dan Sulawesi Barat. Tapi prioritas sekarang tegas tetap masyarakat Sulteng dan jika nanti ada petunjuk dari pusat dalam hal ini Litbang Kementerian Kesehatan, barulah Sulteng memback up daerah lain, ” Ungkap Longki.

Dia juga menambahkan, jika terjadi lonjakan pasien, pemerintah telah mempersiapkan gedung LPMP dan asrama BPSDM untuk merawat pasien, serta asrama Bapelkes untuk transit tenaga medis yang merawat pasien.

“ Alhamdulillah tingkat kematian Kita rendah dari sekian kasus, itulah ukurannya sehingga (kurva) kita masih dianggap landai dan Saya mau dukungan masyarakat supaya proaktif membantu pemerintah dan mentaati himbauan pemerintah,” tukasnya. (Fn/NR) 

 168 total views

Facebook Comments