Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Lakukan Kunjungan di Perbatasan, ini yang Dilakukan Wabup Amin

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras melakukan peninjauan aktivitas di perbatasan Pohuwato guna melihat sistem pendataan dan pelaporan di perbatasan untul mendeteksi warga yang melintasi perbatasan khususnya bagi warga Pohuwato.

Peninjauan ini diawali dari perbatasan Pohuwato-Boalemo yang ada di Kecamatan Paguat, kemudian perbatasan Molosipat-Moutong yang ada di Popayato Barat, Selasa (28/4).

Saat diwawancarai, Wakil Bupati Amin Haras, mengungkapkan bahwa kunjungan kali ini dalam rangka memastikan data Perjalanan Warga Pohuwato yang keluar masuk Kabupaten Pohuwato.

“Nantinya, data-data yang masuk dari perbatasan itu akan disebar ke semua Puskesmas-Puskesmas yang ada di wilayah tempat dia atau alamat dari warga yang masuk,” jelasnya

Amin mengatakan jika ada warganya yang baru berkunjung dari zona merah, mereka akan diawasidalam jangka waktu 14 hari. Jika dalam 14 hari tidak ditemukan gejala, maka warga dinyatakan aman. Namun, didapati ada gejala tentunya akan langsung diambil tindakan secara protokoler kesehatan untuk dapat menjaga atau mencegah penularan yang lebih meluas.

“Ketika ada gejala langsung ditangani oleh pihak kesehatan sesuai protokoler kesehatan, kalau toh sudah ada gejala dan ketika ditindaklanjuti lagi dengan screnning melalui rapid test yang ada di wilayah kecamatan untuk memastikan mereka negatif atau positif,” ungkap wabup.

Dengan demikian kata Wabup Amin Haras, ketika sistem pendataan dan pelaporan itu tertata dengan bagus maka bisa terpantau dan terdeteksi oleh petugas kesehatan guna mencegah dan menekan penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah, diperbatasan kita sudah menyatukan persepsi dan arah metode untuk melakukan pendataan dan pelaporan oleh Dinas Kesehatan dan dilaporkan secara berjenjang sesuai metode, mekanisme pelaporan oleh Dikes maupun gugus tugas kabupaten sampai ke pusat,” Tutup Wabup Amin. (FN07)

 159 total views

Facebook Comments