Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Bupati Malteng Bakal Keluarkan Perbup Tentang Penangan Covid-19

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah, Bupati Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penangan dan pencegahan Covid-19 di Malteng.

Dia mengatakan bahwa, Perbup Ini untuk mengefektifkan dan memaksimalkan penangan Pandemi Corona Virus, dan dapat memutus rantai penyebarannya di wilayah Malteng.

” Saya berencana mengeluarkan Perbup tentang penanganan dan pencegahan Covid-19 di Malteng, ini sebagai payung hukum dalam penanganan,  sebab berbagai upaya sudah dilakukan namun kesadaran masyarakat masih rendah terhadap masalah Covid-19,” Tutur Bupati Tuasikal, usai mengikuti Musrenbang Provinsi melalui Video conference, Selasa (14/4).

Lebih lanjut kata Tuasikal, Perbup ini diharapkan akan memberikan kesadaran bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga diri dari virus yang mematikan ini.

” Meskipun upaya pemerintah dalam melakukan penangan, dari sosialisasi, pengukuran suhu tubuh, hingga penyemprotan Desinfektan, tetapi belum ada kesadaran dari masyarakat, ini semua akan sia-sia. Dan bagi masyarakat yang datang dari wilayah zona merah, masuk secara sembunyi-sembunyi dan berkumpul dengan warga. Harusnya ada kesadaran untuk karantina diri pada lokasi yang disediakan,” Ungkapnya.

” Penanganan Covid-19, terpenting adalah kesadaran masyarakat, tidak taat berarti ikut menyebarkan penyakit.Tindakan tegas sangat sulit,  nanti kita dikenakan HAM, sekarang kita kerjasama dengan pihak Polres Malteng dan TNI,  jika ada yang melanggar bisa dikenakan pasal pidana sesuai hukum dan peraturan yang berlaku,” Tegasnya.

Dia juga menambahkan, akan melakukan karantina terhadap masyarakat yang baru datang dari Ambon. ” Karena Kota Ambon termasuk zona merah, sementara masih kita pikirkan apakah merekah yang datang dari Ambon ikut juga dikarantina selama 14 hari atau tidak,” Tukasnya. (FN/Uc)

 224 total views

Facebook Comments