Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemda Malteng Adakan 5000 APD Untuk Tangani Covid-19

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah, Pemerintah kabupaten Maluku Tengah (Malteng) melalui Dinas Kesehatan, mengadakan 5000 Alat Pelindung Diri (APD) untuk setiap tenaga kesehatan, yang bertugas di RSU (Rumah Sakit Umum) dan Puskesmas di Malteng.

” Untuk keselamatan tenaga medis di Malteeng,  Pemda Malteng melalui Dinkes sudah mengadakan ADP sebanyak 5000 buah. Sementara yang sudah masuk sebanyak 210 buah,  dan yang sudah di bagikan ke 3 RSU dan beberapa Puskesmas di Malteng sebanyak 60 ADP, sisanya sampai sekarang belum datang,” Ungkap Kadis Kesehatan Malteng dr.Jeny Adijaya,  saat di temui di ruang kerjanya Selasa, (7/4).

Dia mengatakan untuk pembagian APD tersebut, Masing-masing Puskesmas untuk sementara diberikan 3 APD. ” Seluruh Puskesmas sudah terbagi, masing-masing puskesmas untuk sementata diberikan tiga ADP,  untuk RSU Masohi,  Banda Dan Saparua di berikan masing-masing 10 ADP. Rencananya hari ini, Selasa (7/4/20), APD akan dikirim ke Puskesmas Haruku Samet  Negeri Lima dan Puskesmas Hila,” Tutur kadis Jeny.

Selain APD kata Jeny, Dinkes juga memberikan  alat pengukur suhu badan (termometer Infrared) termasuk masker, dan sementara untuk Rapid Test hanya diberikan ke RSU.

” 40 Rapid Test bantuan dari pemerintah Provinsi sudah diserahkan ke RSU Masohi,  Banda dan RSU Saparua, Dinkes Malteng masih dalam pemesanan dan belum tiba. Untuk jenis APD yang diberikan, untuk sekali pakai kecuali helem dan sepatu dapat disterilkan, ” Kata Jeny.

Dia juga menambahkan bahwa anggaran yang digunakan untuk pengadaan tersebut bersumber dari dana tak terduga APBD.
” Dan anggaran pengadaannya bersumber dari dana tak terduga APBD untuk penanganan dan pencegahan Covid-19, bukan pagu anggaran Dinkes Malteng,” ucapnya. (FN/Uc)

 87 total views

Facebook Comments