Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

LKPD Diserahkan Secara Online, Pemda Pohuwato Harapkan Opini WTP

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Pelaksanaan penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 Kabupaten Pohuwato kali ini dilaksanakan secara berbeda.

Pasalnya, dengan adanya wabah Covid 19, Pemerintah Pusat maupun Daerah sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan Social Distancing dalam rangka menghambat penyebaran Covid 19.

Video Confrence, yang dilakukan oleh BPK RI bersama Pemda Pohuwato kali ini berlangsung di Ruang Pertemuan Bupati yang diawali dengan penandatanganan serah terima oleh Bupati Syarif Mbuinga dan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo, Rahmadi melalui Video Conference, Selasa (31/03)

Bupati Syarif Mbuinga, kepada awak media mengatakan, bahwa penyerahan LKPD yang dilaksanakan secara online ini merupakan kebijakan BPK RI untuk membatasi kontak secara langsung, membatasi pertemuan secara langsung dan ini tidak lain untuk mencegah pandemi virus Corona,

Dimana, Penyerahan LKPD merupakan perintah Undang Undang serta merupakan kewajiban pemerintah setalah 3 bulan berakhirnya pelaksanaan anggaran pendapatan belanja daerah 2019 dan penyerahan LKPD masih pada waktu Normal sesuai amanat undang undang.

” kondisi saat ini memaksakan kita untuk menyerah akan LKPD secara online atau video converence namun hal ini tidak menghilangkan supstansi amana undang undang kaitan laporan keuangan yang akan diteliti,” Ungkap Bupati Syarif

Opini atas laporan keuangan akan menciptakan reputasi yang dapat menaikkan tingkat kepercayaan para pemangku kepentingan atas laporan keuangan yang disajikan. Olehnya, Syarif berharap Semoga pemeriksaan atas LKPD tahun 2019 dapat berjalan dengan baik dan lancar dan pemerintah daerah tahun ini dapat mempertahankan opini WTP.

Sementara itu Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo, Rahmadi menjelaskan dengan diserahkannya LKPD Pohuwato maka BPK segera melakukan pemeriksaan, dan BPK akan menyerahkan kembali LKPD ke pemda setelah selesai dilakukan pemeriksaan.

“Terima kasih atas penyerahan laporan keuangan Pemda Pohuwato yang dilakukan bapak bupati, terima kasih pula kepada pak wabup, pak sekda, kepala BKD, Inspektur, semoga pemeriksaan ini bisa cepat selesai,” pungkasnya (FN07)

 215 total views

Facebook Comments