Tuasikal Bagi Masker Gratis Buat Masyarakat

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah. Mencegah dan mengantisipasi penyebaran viru corona (Covid-19), di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Bupati Tuasikal Abua, SH. Melakukan pembagian masker kepada masyarakat.

Bupati didampingi Kapolres Malteng AKBP Hendrik Purwono, Dandim 1502 Masohi Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho,  Kajari Malteng Juli Isnur, SH. MH dan Ketua Pengadilan Negeri Masohi Agus Hariyanto, SH. MH. Kamis, (26/3/20), membagikan mesker terutama di tempat-tempat keramaian, di pasar binaya Masohi, terminal mobil angkutan kota dan luar kota Maaohi,  terminal pelabuhan Amahai dan pelabuhan penyebrangan kapal feri Ina Marina Masohi.

Tidak hanya membagi masker, dengan menggunakan pengeras suara Microfon, Tuasikal berteriak untuk mengajak masyarakat agar menjaga kebersihan dan mentaati himbauan yang sudah dikeluarkan pemerintah terhadap penyebaran virus Covid-19.

“Virus Corona sangat berbahaya, jaga kebersihan dan prilaku hidup sehat,  tetap mawas diri serta berolah raga. Konsumsi makanan yang berprotein dan mengandung vitamin c tinggi sepwrti buah-buahan, ” himbau Tuasikal.

Kepada masyarakat diminta tetap tenang jangan muda percaya dengan informasi yang tidak benat atai Hoaks, mengikuti perkemkembangan resmi yang disampaikan oleh pemerintah. Dan untuk diketahui saat ini Daerah Maluku Tengah belum ada perkembangan status ODP dan PDP yang mengidap Covid -19.

“Kita mengharapkan di Malteng tidak ada yang mengidap atau terjangkit Covid-19. Mari lawan dengan tetap mengikuti himbawan yang sudah dibuat pemerintah dan tetap berkomitmen mencegah virus ini masuk di Malteng, ” ajaknya.

Untuk mencegah penyebaran Covid -19 lanjut Tuasikal,  bagi masyarakat yang hendak bepergian keluar dan masuk, baik yang menggunakan transportasi darat dan laut harus dicek suhu tubu oleh petugas yang sudah ditugaskan. Dan jika ditemukan ada yang suhu tubunya tinggi diatas 38 derajat cilsius maka dilakukan evakuasi untuk dilakukan pemeriksaan.

“Jika dilakukan pemeriksaan dan ternyata aman boleh dilakukan perjalanan, bila ada dan dinyatakan OPD atau PDP maka dilakukan isolasi yang lokasinya sudah disipkan sesuai standar kesehatan bertempat di KM 4 Makariki Kecamatan Amahai,  selama 14 hari, ” ujarnya.

Untuk diketahui, selain pemberian masker secara gratis,  juga dilakukan pengecekan suhu tubuh  kepada masyarakat, Bupati juga menyerahkan alat pelindung diri (APD) untuk petugas kesehatan, masing-masing RSU Masohi,  Banda dan RSU Saparua.

ADP diterima secara simbolis oleh Direktur RSUD Masohi dr Ursula Surjastuti,  bertempat di RSU Masohi. Dan Bupati berkesempatan meninjau fasilitas kesehatan di RSUD Masohi untuk perawatan pasien covid-19 di Malteng. (FN/Uc)

 210 total views

Leave A Reply