Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Kodim 1502 Masohi Gelar Apel  Serbuan Toritorial

Wahyu Ajak Masyarakat Menjaga dan Merawat Lingkungan

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah. Komando Daerah Militer (Kodim) 1502 Masohi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menggelar kegiatan Apel Serbuan Toritorial, di isi dengan kegiatan pembersihan lingkungan dan penanaman pohon.

Berlangsung selama dua hari, diimulai pada Jumat, (6/3/20), pagi pukul 08.00 Wit, bertempat di Jembatan Waimeteng Pantai Desa Piru Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dilakukan pembersihan lingkungan oleh peserta.

Kegiatan tidak hanya personil TNI Kodim 1502 Maaohi,  namun melibatkan anggota TNI Satgas PAM, Anggota Brimob Piru, Polres, Satpol PP SBB,  OPD SBB, Pemerintah Desa Piru, Neniari, Waimeteng, Morokai,  Kumolo, dan Desa Eti,  serta pelajar SMP Negeri 1 Piru, SMP Kristen, termasuk keterlibatan Remaja Masjid dan Remaja Anggatan Muda GPM.

Kemudian pada hari kedua,  Sabtu,  (7/3/20), pukul 08.00 Wit,  dilanjutkan dengan penanaman 538 pohon yang dipusatkan di lingkungan jambatan Air Eti Desa Eti Kecamatan Piru SBB, di ikuti 514 peserta. Jenis tanaman pohon yang ditanam, Rambutan, Manga harum manis, Cengke, Pala, Mahoni, Linggua, Durian, Kayu besi, Pate dan Pohon Gandaria.

“Kegiatan ini selain untuk menanamkan rasa cinta tanah air buat masyarakat,  juga memberikan rasa cinta lingkungan. Pentingnya menjaga dan merawat lingkungan yang bersih, biar masyarakat tidak lagi membuang samapah sembarangan, apalagi membuangnya ke kali dan laut sangat berdampak bagi lingkungan termasuk bagi biota laut, ” tegas Dandim 1502 Masohi, Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho, dalam pres rilisnya yang diterima Fakta News. Com Minggu, (8/3/20).

Kegiatan bersi lingkungan dan penanaman pohon kata Wahyu,  mendapat antusias warga SBB khususnya yang ada di Kecamatan Seram Barat dan Kecamatan Piru,  serta didukung oleh Pemerintah Kabupaten SBB.  Ini tidak terlepas dari peran prajurit dalam mensosialisasinya kepada masyarakat akan pentingnya kegiatan tersebut.

“Masyarakat sekitar yang ada di Kecanatan Seram Barat dan Kecamatab Piru,  sangat maknai manfaat positif dari kegiatan serbu toritorial yang di isi dengan pembersihan lingkungan dan penanaman pohon, sehingga bersma parajurit dan OPD SBB serta remaja masjid dan remaja gereja sukseskan kegiatannya,” ujarnya.

Dirinya berharap, ada kesadaran dari masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tidak ada lagi yang membuang samapah di kali dan laut. Termasuk kesadaran untuk menjaga dan merawat ratusan pohon yang sudah ditanam,  sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Lingkungan yang sudah dibersihkan untuk ada kesadar menjaga dan tetap peduli terhadap lingkungan,  serta menjaga, merawat pohon yang sudah di tanam. Selain bermanfaat untuk penghijauan, kedepan hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar untuk kebutuhan ekonomi,  minimal untuk dikomsumsi, ” tegasnya. (YSL)

 152 total views

Facebook Comments