Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Banjir Lumpur di Poso, 913 Warga Mengungsi

Faktanews.com (Nasional) – Sulawesi Tengah, Banjir bandang disertai lumpur menerjang Desa Lengkeka, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (3/3) sore, pukul 16.00 WITA.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso, Noldi Tobondo mengatakan pihaknya sudah menerjunkan lima personel untuk melakukan proses evakuasi sejak pukul 18.00.

“Kalau informasi dari Camat Lore Barat, sejak pukul 16.00 wita sudah lima rumah yang terseret banjir,” Ujarnya.

Sementara itu Camat Lore Barat, Ruli menyampaikan bahwa banjir bandang yang melanda perkampungan Desa Lengkeka berasal dari pegunungan di Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) yang berdekatan dengan Desa tersebut.

” Banjir yang disertai lumlur itu bukan berasal dari sungai kecil namun langsung dari kawasan TNLL yang berada di pegunungan, yang kemudian langsung menerjang perkampungan warga,” Jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan sebagian besar wilayah Desa Lengkeka dipenuhi lumpur dan kayu serta material bebatuan yang menumpuk di depan rumah dan jalan.

” Saat ini sebagian warga telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman di wilayah desa itu, ” Ungkapnya.

Camat Ruli mengatakan ada 913 warga desa Lengkeka sudah diungsikan ke sekitar kantor Camat, dan sementara warga tiga desa lainnya belum dapat dikonfirmasi kata Camat Ruli, karena daerah tersebut tidak tersambung dengan Signal handphone.

Dampak dari bencana tersebut 10 rumah warga hanyut di terjang banjir dan 1 orang warga dinyatakan hilang. saat ini pihak kecamatan masih memerlukan bantuan, berupa tenda, selimut, lotion anti nyamuk, serta perlengkapan emergency. (UNR)

 13,545 total views

Facebook Comments