Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Sebanyak 400 Kepala Keluarga Korban Kebakaran Di Tolitoli Diungsikan

Faktanews.com (Nasional) – Sulawesi Tengah, Sebanyak 400 kepala keluarga korban kebakaran di kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Minggu (2/2/2020) malam kemarin, kini ditampung di tenda-tenda darurat yang didirikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kepolisian Resor setempat.

Bantuan sandang,  pangan serta perlengkapan perempuan, bayi, anak-anak dan lanjut usia terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten setempat. Untuk Memenuhi kebutuhan pangan warga, Dinas Sosial Tolitoli dan Badan Usaha Logistik Sub Divisi Regional III Tolitoli menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah, sedangkan pangan penunjang lainnya disiapkan oleh BPBD.

Posko pengungsian korban kebakaran yang dibangun polres tolitoli (foto hms polres)

” Yang kami lakukan berikutnya adalah pemenuhan sandang, pakaian dari korban. Ini kan tinggal baju di badan. Sudah ada instruksi Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah dan kita sudah melakukan pengumpulan dari masyarakat dan Pemda juga sudah membeli pakaian dalam dan alat-alat rumah tangga,  kebutuhan dasar, sikat gigi, susu, pampers dan lain-lain. Kita juga sudah mendata kelompok rentan, ibu-ibu hamil, lansia dan penyandang disabilitas,” ungkap Vidya Putra selaku Sekretaris BPBD Tolitoli.

Saat ini, Salah satu warga korban kebakaran hebat itu juga mengaku masih memilih menetap di bagian bangunan rumahnya yang tidak terkena api.

” Sebelah itu bahaya tadi malam. Saya masih ada yang tersisa, tapi yang kami dapat cuma belakang rumah ini. Saat kejadian kebakaran saya di sini ini. Sudah tidur. Anak-anak yang kasih bangun saya,” ujar lelaki berusia 67 tahun itu.

Sementara itu, Unit Identifikasi Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tolitoli tengah melakukan penyelidikan atas peristiwa kebakaran hebat ini.

“ Kami perlu sampaikan dari Polres Tolitoli akan melaksanakan trauma healing untuk memberikan hiburan bagi masyarakat terdampak baik anak-anak maupun dewasa. Selanjutnya terkait kebakaran tersebut masih dalam penanganan Unit Identifikasi Satreskrim Tolitoli untuk melakukan olah tempat kejadian perkara,” jelas AKP Moh. Rizal Hi. Bandi, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Tolitoli.

Kebakaran hebat yang melanda perkampungan di kecamatan Baolan, Tolitoli itu memakan sebanyak 385 rumah warga terbakar, dan korban meninggal satu orang bernama Saleh berusia 50 tahun. (UNR) 

184 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments