Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

“SIDALIH” Jadi Salah Satu Terobosan Di Tingkat Nasional

KPU RI : Kami Pun Mendukung Dan Mendorong KPU Provinsi Gorontalo dan KPU Kabupaten/Kota Yang Ada di Gorontalo Untuk Terus Berprestasi di tingkat Nasional

 

Faktanews.com (Nasional) – Gorontalo. Setelah memasuki era Revolusi Industri 4.0 berbagai inovasi telah diciptakan dengan cara yang luar biasa, begitu pula dengan apa yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Pohuwato, sebuah inovasi kreatif yang berkaitan dengan Pemilu kini sudah disajikan dalam sentuhan jari.

Melalui Aplikasi Cek-HP-Mu, rupanya mendapat respon baik dari KPU RI. Pasalnya, dalam rapat kerja analisis capaian kinerja Pilkada serentak Tahun 2020 serta penguatan kelembagaan yang dilaksanakan di RPP Dulohupa, KPU Provinsi Gorontalo, Rabu (22/1) kemarin.

Dimana KPU Pohuwato berkesemapatan untuk memperkenalkan aplikasi SIGAP (Sistem Informasi Geografis Data Pemilih) di hadapan Komisioner KPU RI, Viryan Azis, Kepala Biro Perencanaan dan Data KPU RI Sumariyandono, Tenaga Ahli Veriyanto Madjowa dan Tim Teknis Sidalih yang diketuai Nanang Indra.

Dalam pemaparannya, KPU Pohuwato menyampaikan bahwa Aplikasi Cek-Hp-Mu bertujuan untuk memudahkan proses tahapan Pemutakhiran Data Pemilih di tingkat bawah. Kerja aplikasi ini, mulai dari penyandingan data bersama dinas Dukcapil, partisipasi pemilih, hingga pencocokan dan penelitian oleh Petugas pemutakiran data pemilih, juga dijelaskan secara gamblang di depan Anggota KPU RI.

“Aplikasi ini secara fungsi, adalah untuk mendukung aplikasi utama KPU RI dalam Pemutakhiran Data Pemilih atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Sidalih,” ujar Kadiv perencanaan dan Data Firman Ikhwan.

Tak hanya itu saja, Aplikasi menampilkan sebaran data pemilih di Kabupaten Pohuwato dalam bentuk tampilan peta wilayah (google map dan citra satelit), membuat Anggota KPU RI kagum atas terobosan tersebut. Dalam sambutannya.

Viryan pun mengaku bangga dan kagum atas kesungguhan KPU Provinsi Gorontalo menjadi Provinsi yang terdepan dalam melakukan terobosan-terobosan terkait Pemutakhiran data pemilih.

Secara khusus Viryan pun mengapresiasi aplikasi SIGAP yang digagas oleh KPU Pohuwato.

“Kami pun mendukung dan mendorong KPU Provinsi Gorontalo dan KPU Kabupaten-Kota yang ada di Gorontalo untuk terus berprestasi di tingkat Nasional,” ucapnya.

Diakhir pemaparan, Komisioner KPU RI Viryan Azis ikut mengunduh Aplikasi Ce-Hp-Mu (ADV)

 229 total views

Facebook Comments