Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Lagi, Wabup Amin Inginkan Musrenbang Usulkan Skala Prioritas

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Wakil Bupati Amin Haras menyampaikan bahwa Keuangan yang ada di daerah belum bisa menampung semua usulan yang dimasukkan pada Musrenbang Kecamatan, sehingga itu secara bergantian usulan tersebut ditampung dan dimasukkan pada setiap tahun anggaran.

” Memang diakui bahwa kebutuhan masyarakat disetiap wilayah begitu besar yang jelas semua itu sangat dibutuhkan. Tetapi karena dengan keterbatasan anggaran keuangan daerah maka skala prioritas yang diutamakan dan itu butuh pendampingan dari bapak ibu camat dan kades karena saudara yang tahu persis mana program yang sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Hal ini sering disampaikan Wakil Bupati Amin Haras ketika membuka Musrenbang tingkat Kecamatan di aula kantor camat masing-masing.

 

Dia menjelaskan bahwa setiap tahunya, APBD Kabupaten Pohuwato sering mengalami peningkatan. Namun, hal ini belum bisa menampung semua usulan, apalagi diperhadapkan dengan masih banyaknya masyarakat miskin yang butuh sentuhan dan perhatian dari pemerintah.

” Memang angka kemiskinan telah menurun tetapi masih termasuk tinggi pula karena masih ada sekitar 18,16 persen sampai tahun 2019 ini,” jelasnya.

Tantangan sekarang ini, lanjut Amin, masih terkait dengan kemiskinan dan persoalan kemiskinan masih merupakan hal yang menjadi perhatian serius pemerintah daerah walaupun setiap tahun ada penurunan kemiskinan.

” Berbagai kebijakan program yang bersifat ekonomi kerakyatan baik itu perikanan, peternakan, UMKM, usaha-usaha masyarakat melalui Perindagkop, Dinas Sosial dan lainnya, sehigga itu fokus kita (Pemda Pohuwato_red) masih pada ekonoimi kerakyatan. Demikian juga dengan pemerintah desa ada program-program yang lebih fokus pada ekonomi kerakyatan dengan tidak mengenyampingkan pendukungnya berupa infrastruktur dan sarana prasarana,” pungkasnya. (FN07)

65 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments