Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Pohuwato Jadi Tempat Pertama Kirab Bendera Pusaka Merah Putih

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Pohuwato yang merupakan kabupaten ujung barat Provinsi Gorontalo, menjadi tempat pertama Pelaksanaan Kirab Bendera Pusaka Merah Putih menyongsong peringatan hari Patriotik 23 Januari 1942 di Gorontalo.

Kirab yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati ini dihadiri Bupati Pohuwato, Wakil Bbupati, Sekretaris Daerah, Ketua KNPI Provinsi, Unsur Pimpinan OPD, Ketua KNPI Pohuwato, Unsur Oragnisasi Pemudaan dan peserta kirab dikirab, Selasa (21/20).

Dalam sambutanya, Bupati Syarif Mbuinga menyampaikan terimah kasih telah memilih Kabupaten Pohuwato menjadi awal pelaksanaan kirab.

” Bendera pusaka merah putih merupakan bendera yang pertama dikibarkan pada tanggal 23 Januari 1942. Ini merupakan peristiwa perlawanan rakyat Gorontalo yang dipimpin langsung Nani Wartabone pahlawan nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan gorontalo dalam membebaskan rakyat dari penjajahan,” ujarnya sembari menjelaskan sejarah kemerdekaan Gorontalo

Syarif menambahkan Hi.Nani Wartabone merupakan pemuda gorontalo yang berjuang untuk kemerdekaan Gorontalo dan merupakan nilai besar bagi kita pemuda untuk meneruskan perjuangan untuk masa depan gorontalo, Masa depan Bangsa dan kelak menjadi pemimpin besar di Provinsi Gorontalo.

“Apresiasi serta terima kasih saya ucapkan kepada pemuda yang telah memprakarsai kegiatan ini. Olehnya, saya berharap agar para pemuda gorontalo dapat mengikuti jejak Nani Wartabone yang telah berjuang dalam usia muda untuk kemerdekaan Gorontalo,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Provinsi Gorontalo Ghalieb Lahidjun menyampaikan bahwa selain kirab bendera, dalam rangka hari patriotik tahun ini, akan dilaksanakan pembentangan bendera merah putih sepanjang 2300 meter di pusat Kota Gorontalo, dan malam hari akan diselenggarakan konser patriotik di lapangan Taruna Kota Gorontalo.

Kami berharap pelaksanaan upacara sekaligus kirab ini bukan hanya bersifat seremoni akan tapi insyaAllah kita semua bisa mengambil hikmah dari perjuangan patriotik oleh Hi. Nani Wartabone, semoga bisa mengilhami perjuangan kita para pemuda. (FN07)

 159 total views

Facebook Comments