Tekan Angka Kematian Ibu Dan Bayi, Pemda Pohuwato Gelar Forum Kemitraan Bidan Dan Dukun Bayi

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Pemerintah Kabupaten Pohuwato Gelar Pembentukan Forum Kemitraan Bidan Dan Dukun Bayi, yang di laksanakan di Gadung Panua Kantor Bupati Jumat (27/12).

Sekretaris Daerah Pohuwato Djoni Nento dalam sambutannya mengatakan bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan salah satu indikator derajat kesehatan di suatu wilayah. Sebanyak 85% ibu hamil atau bersalin mengalami proses normal dan 15% mengalami komplikasi, dan jika tidak di tangani akan berdampak terhadap AKI, kata Sekda Djoni

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa tingkat kematian ibu yang masih tinggi, berkaitan erat dengan faktor medis dan non medis. Karena kata Sekda Djoni, Pertolongan saat ini masih ada yang dilakukan oleh dukun bayi yang menggunakan cara-cara tradisional sehingga banyak membahayakan keselamatan ibu dan bayi.

“ Kita sama-sama berupaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi dengan melakukan pendampingan kepada ibu hamil dan bayi yang melibatkan TP. PKK dan dasa wisma, deteksi ibu hamil perlu dilakukan oleh bidan, adanya rumah tunggu kelahiran yang bertujuan untuk mendekatkan akses ibu hamil ke pelayanan kesehatan, dan peningkatan capacity bidan dan petugas gizi puskesmas serta terpenting adalah kemitraan bidan dan dukun bayi sehingga semua bisa berjalan dengan baik, ” Tuturnya.

Dia juga berharap Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, kepada peserta agar terus mendukung dan membantu suksesnya pelaksanaan kemitraan bidan dan dukun bayi mulai dari tingkat desa, kecamatan, Dinas Kesehatan sampai rumah sakit. sehingga nya kata Djoni, semua permasalahan mengenai pertolongan persalinan bisa segera tertangani secara cepat dan tepat.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala seksi Kesga dan Gizi, Imelda Arsjad menyampaikan bahwa Kegiatan yang diikuti 200 orang peserta yang terdiri dari kepala puskesmas, bidan desa dan dukun  Se Kabupaten Pohuwato bertujuan untuk meningkatkan akses ibu dan bayi terhadap pelayanan kebidanan  berkualitas dan meningkatkan alih peran dukun dan penolong persalinan menjadi mitra bidan dalam merawat ibu nifas dan bayinya. (FN07)

 247 total views

Leave A Reply