Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Di Rumahkan, Gaji Tenaga Kontrak Di Boalemo Tak Kunjung Dibayarkan

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Terhitung 1Januari 2020 mendatang seluruh tenaga Kontrak dan Honorer di kabupaten Boalemo akan di rumahkan, hal ini berdasarkan surat edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo tertanggal 27 Desember 2019 tentang pembebasan tugas kepada Tenaga Honorer/Kontrak di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo.

Namun, pemberhentian ini masih saja di keluhkan guru-guru tenaga Kontrak Mulai dari SD hingga SMP. Pasalnya, gaji yang sudah menjadi hak dari pengabdian mereka pada dua bulan terakhir belum saja di bayarkan.

” Pak, torang pegaji per bulan November hingga Desember belum ada kejelasan. Padahal, banyak ini kebutuhan yang harus torang mo penuhi. Sudah 4 bulan kami menunggu gaji kami, belum juga di bayarkan, ditambah lagi kita sudah di rumah tapi belum di gaji,” Keluh salah satu guru SD yang ada di Kecamatan Botumoito.

Sementara itu, Nanang Syawal selaku ketua Lembaga Pengawas Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) Boalemo, mengingatkan kepada pemda Boalemo untuk segera melunasi hak dari tenaga kontrak. Terutama para guru yang sejak bulan dua bulan terakhir yang belum terbayarkan.

” Sebelum tenaga kontrak dirumahkan, Pemerintah wajib untuk membayarkan hak-hak mereka. Harapan dari semua tenaga honorer itu rasa keadilan, rasa kemanusiaan. Perjuangan mereka ini sudah bertahun- tahun. Jadi yang diminta ke pemerintah itu, yang sudah menjadi hak mereka selama mengabdi. ” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Hasan Makuta, saat dimintai klarifikasi terkait persoalan gaji yang belum di bayarkan, menjelaskan bahwa gaji untuk Tenaga Kontrak sementara di proses.

” Untuk pembayaran gaji tenaga kontrak, sekarang sudah berada di Badan keuangan. Mungkin Senin besok sudah SP2D dan akan dikirimkan ke rekening masing-masing,” Pungkasnya. (FN12) 

 889 total views

Facebook Comments