Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Lounching PILGUB 2020, Ini Harapan Ketua KPU Sulteng

Faktanews.com (Nasional) – Sulawesi Tengah, Menyongsong Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Minggu (15/12) malam.

Dilaksanakan di salah satu Hotel yang ada di Kota Palu, kegiatan ini diawali dengan penampilan tarian daerah penyambutan tamu. Tak lupa, kegiatan ini menyajikan video perjuangan demokrasi disela-sela acara lounching tersebut.

Dalam acara tersebut, juga diperkenalkan Maskot Pilkada Sulteng 2020 yaitu si “Macaca” atau Monyet Hitam Sulawesi serta pemutaran jingle Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng Rusli Dg Palabbi, Anggota KPU RI Divisi Humas, Data Informasi dan Hubungan Antarlembaga  Viryan Azis, Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira, Kapolda, Danrem, Kejati dan Kanwil Kemenkum HAM Sulteng.

Turut hadir pula komisioner KPU dari berbagai provinsi di Indonesia, diantaranya KPU Provinsi DKI Jakarta, KPU Provinsi Kalimantan Tengah dan KPU Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sambutanya, Tanwir Lamaming sebagai Ketua KPU Sulteng, menyampaikan bahwa, pada pelaksanaan Pemilu 2019 yang lalu, provinsi Sulawesi Tengah mendapat ujian dengan adanya bencana gempa bumi dahsyat pada tanggal 28 September 2018 yang lalu. Berkaca dari Pemilu sebelumnya, ia beroptimis bahwasanya Pilkada di 2020 ini dapat terlaksana dengan baik.

“Berkaca dari pemilu kemarin, meski dalam situasi bencana, tetapi pelaksanaan Pemilu dapat dilaksanakan dengan lancar. Olehnya, pada Pilkada tahun 2020 kali ini, saya beroptimis bisa dilaksanakan dengan baik dan berintegrias,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa kesuksesan Pemilu tahun 2019, berkat dukungan semua stakeholder serta adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kehidupan berdemokrasi. Olehnya ia berharap agar itu juga dapat terjadi pada Pilkada kali ini.

“Saya berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat bersama-sama 2020 bisa berjalan baik dan berintegritas,” pungkasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU RI Viryan Azis dalam sambutannya mengatakan, bahwa pihaknya memberi apresiasi terhadap KPU dan Pemda Sulteng, karena proses penandatanganan NPHD tidak masuk dalam zona merah.

“Sulteng ini tidak masuk zona merah. Olehnya,  kami memberikan apresiasi kepada Pemda, DPRD, serta seluruh masyarakat yang mendukung penuh pelaksanaan Pilkada di Sulteng,” tambahnya.

Viryan menjelaskan bahwa Pemilu dan Pemilukada merupakan Leading sektor dari pembangunan secara utuh bagi suatu daerah. Karena Pemilu merupakan upaya pembangunan politik yang berkualitas dan berintegritas.

Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sendiri ditandai dengan pemukulan gimba oleh seluruh Komisioner KPU Sulteng bersama Wagub Rusli Dg Palabbi dan Anggota KPU RI Viryan Azis. (UNR)

 280 total views

Facebook Comments