Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Terkesan Dibiarkan, Limbah Sampah Di RSTN Dikhawatirkan Sebarkan Virus

Faktanews.com Daerah – kabupaten Boalemo, Limbah medis yang seharusnya dikelola agar tidak menyebabkan bahaya terhadap lingkungan, kesehatan dan kelangsungan hidup manusia, lain halnya limbah medis di Rumah Sakit Tani Dan Nelayan (RSTN) kabupaten Boalemo yang sudah menumpuk.

Dari pantauan tim media faktanews di lapangan, tumpukan limbah medis RSTN Boalemo sudah memenuhi lokasi tempat sampah Rumah Sakit yang sudah ada, dan mengeluarkan bau yang menyengat, kamis (14/11).

Tidak hanya itu, beberapa Pengunjung Rumah Sakit juga mempertanyakan tentang penumpukan sampah medis yang terkesan hanya di biarkan begitu saja.

” Sampah ini terkesan dibiarkan begitu saja, bahayanya jika limbah medis ini tidak di kelola dengan baik, takutnya ini akan menyebarkan virus atau racun. Dan lebih membahayakan lagi jika itu bisa mencemari lingkungan di sekitar rumah sakit, yang harusnya orang datang berobat malah tambah sakit, ” Ungkap salah satu pengunjung RSTN.

Kabid penunjang medik Irfan Hemeto saat di wawacarai

Irfan Hemeto selaku Kepala bidang Penunjang Medik RSTN Boalemo, saat di konfirmasi terkait limbah medis tersebut mengatakan bahwa penumpukan sampah RSTN sudah 4 tahun lalu dikarenakan alat pengelolaan sampah tidak bisa digunakan.

” Jadi sampah ini menumpuk sebenarnya cerita 4 tahun lalu karena alat Insinerator Rumah sakit rusak jadi tidak ada pengelolaan sampah sehingganya sampah ini menumpuk. Dan hal ini juga sudah di sidik oleh Polda tahun 2018 kemarin, jadi dari kejadian tersebut kami sudah bekerja sama dengan pihak ke 3 untuk melakukan pengakutan sampah, ” Ungkapnya.

Iya juga menambahkan bahwa dengan bantuan pemerintah Daerah, yang sudah mengalokasikan anggran untuk pengakutan sampah , pihaknya bisa mengangkut sampah medis tahun 2018 kemarin.

” Kami bersyukur atas bantuan pemerintah daerah kami bisa menghabiskan sampah pada tahun 2018 kemarin dan sampah yang sekrang ini sementara proses pengangkutan,” Pungkasnya. (FN12) 

169 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments