Dalam Sebulan, 95 Persen Pasien RSBP Tercover BPJS

Faktanews.com Daerah – kabupaten Boalemo, terungkap saat evaluasi pemerintah Kabupaten Pohuwato bersama BPJS Cabang Gorontalo, dalam sebulan rata-rata pasien yang ditangani oleh Rumah Sakit Bumi Panua (RSBP) Kabupaten Pohuwato, sebanyak 95 persen tercover dengan BPJS, Senin (2/9).

“Rata-rata kunjungan pasien baik ke poliklinik atau rawat inap yang ditangani oleh rumah sakit dalam sebulan mencapai 28.000 orang. 95 persen itu yang dicover BPJS, 3 persen lagi masuk dalam kategori umum. Sisanya 2 persen adalah pasien yang tidak punya apa-apa. Untuk sisa dari 2 % tersebut kami minta pendampingan dari Dinas Kesehatan,” kata Direktur RSUD Bumi Panua dr. Syahrawanty Abbas.

Memimpin rapat tersebut, Bupati Syarif Mbuinga mengatakan masalah serius yang dihadapi saat ini bukan hanya mengenai pembiayaan saja. Tetapi juga masalah kepesertaan yang terupdate.

Sementara itu Kepala BPJS Cabang Gorontalo, Muhammad Yusrizal mengatakan dari total jumlah peserta BPJS Kesehatan di Pohuwato yang terdaftar kontribusi terbesar dari sekmen PBI APBN dan PBI APBD.

“Untuk PBI APBD berjumlah 60.000 jiwa dan PBI APBN 57.548 jiwa. Peserta PBI itu sendiri diambil berdasarkan data BDT yang ada di Dinas Sosial, peserta tersebut bisa saja dikurangi atau ditambahkan,” ungkap Yusrizal. (FN01)

 149 total views

Leave A Reply