Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Air Limbah Busuk Dipasar Tilamuta, Buat Pedagang Tak Nyaman

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Bau busuk sampah dan air limbah di Pasar Tilamuta dikeluhkan para pedagang. Pasalnya, kondisi sampah yang menumpuk serta drainase yang tidak berfungsi sehingga membuat para pedagang dan pembeli merasa tidak nyaman lagi menjalankan aktifitas jual beli.

Ma’ Iti (Sapaan akrabnya) Salah satu pedagang yang di temui mengatakan bahwa bau busuk yang berasal dari limbah sampah dan air cucian ikan tersebut sangat menggangu aktivitas para pedagang yang berjualan. Bahkan menurut Ma’ Iti, akibat dari kondisi tersebut telah membuat pendapatannya menurun karena pembeli tidak mau mendekati lapak jualannya.

” Kami merasa tidak nyaman berjualan disni pak, apalagi saya yang jual makanan, pembeli tidak ada lagi yang mau makan karena bau busuk dari limbah sampah itu,” Jelas ma’ Iti.

Ma’ Iti juga menambahkan bahwa persoalan tersebut telah di keluhkan para pedagang kepada Pemerintah Daerah, namun hingga saat ini kata Ma’ Iti belum juga ada tanggapan dari Pemerintah.

Kepala dinas Koperasi, Perindustrian, dan perdagangan Kabupaten Boalemo Musafir Bempah, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa pihaknya sementara membahas untuk menangani limbah yang berada di pasar tersebut. Namun karena keterbatasan anggaran, pihaknya masih menunggu realisasi dari anggaran perubahan untuk pengadaan alat.

” Kalau masalah limbah ini sebenarnya dinas lingkungan hidup sebetulnya, cuman kami sambil menunggu perubahan ini kami akan mengadakan alat, biar air limbah itu bisa lancar,” Jelas Musafir.

Pria yang akrab disapa Musbem ini menambahkan bahwa persoalan pasar tidak hanya menjadi masalah pada  Dinas Koperindag saja, namun juga menjadi tanggung jawab dari Instansi tekhnis lainnya.

” Jadi jangan hanya di soroti satu pihak, karena bukan hanya Dinas Koperindag, tapi juga Dinas lingkungan hidup dan Dinas Kesehatan,” Tambah Musbem.

HIngga berita ini diterbitkan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boalemo Roslina Karim, saat di konfrimasi melalui via seluler, Belum meresponnya. (FN12)

166 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments