Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

RS. Pratama Tangkobu Belum Beroperasi, Warga Protes Rencana Penggusuran

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo – Pembangunan Rumah Sakit Pratama tipe D di Desa Tangkobu Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo masih menuai polemik di masyarakat. Pasalnya keluhan atas beredarnya informasi penggusuran tempat tinggal yang berada disekitaran Rumah Sakit jika sudah beroperasi pun mendapatkan protes keras dari masyarakat.

Salah satu warga, Ma’ Onu (Sapaan Akrabnya) mengatakan bahwa dirinya tidak mau digusur jika rumah sakit tersebut beroperasi. Padahal menurutnya, keberadaan Rumah Sakit tersebut seharusnya dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar dan bukan digusur.

” Ya kami tidak mau kalau di gusur, jika kami di gusur terus kami mau tinggal dimana lagi. Harusnya ini bisa menjadi lokasi pencaharian kami dan harus diramaikan, masa kita di keluarkan dari sini. Belum lagi dengan beredarnya informasi pergusuran itu, kami warga sempat beradu mulut karena tidak mau rumahnya digusur, ” Keluh Ma’ Onu.

Lebih lanjut, dia juga menambahkan bahwa pengoperasian Rumah Sakit Pratama dalam waktu dekat akan diperasikan. Namun hingga kini belum jelas kabar beroperasinya Rumah Sakit tersebut.

” Kami juga sampai hari ini baru cuman dengar-dengar terus pak, kemarin katanya bulan Agustus, ini lagi baru dengar informasi awal September, jadi tidak jelas kapan di buka ini rumah sakit,” Ungkap Ma’ Onu.

Kepala Dinas kesehatan kabupaten Boalemo Alimuddin saat ditemui Faktanews mengatakan bahwa belum ada penggusuran rumah warga disekitaran Rumah Sakit. Kata Alimudin, untuk kepastian waktu beroperasinya Rumah Sakit masih akan menunggu Peraturan Bupati.

” Jadi belum ada rencana kesitu, dan waktu untuk kapan Rumah Sakit mulai beroperasi, kami masih penunggu perbup dulu. Karena itu harus ada direktur yang definitif dan semantara di siapkan semua regulasinya,” Jelas Alimudin.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Baolemo dalam hal ini Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf, telah menggelar pertemuan internal pada selasa (2/7) kemarin. berkaitan dengan  pembahasan pengoperasian Rumah Sakit tersebut. Dalam pertemuan itu, Pemerintah tidak hanya membahas waktu pengoperasian Rumah Sakit saja, namun juga membahas kesiapan anggaran oprasional sebesar Rp. 3 miliyar. (FN12)

156 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments