Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Tuasikal Irup HUT RI Ke 74, Upacara Berjalan Lancar

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah , Bupati Tuasikal Abua, SH.  Bertindak menjadi Inspektur Upacara (Irup)  pada upacara kenaikan Bendera Sangsaka Merah Putih Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)  yang ke 74 Tahun pada tanggal 17 Agustus 2019.

Pelaksanaan upacara yang dipusatkan di lapangan Nusantara Masohi berjalan aman dan lancar,  komandan upacara Kapten Inf Robiyansah Pasiops Yonif 731/Kabaressy Masohi. Hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Malteng,  Pimpinan Organisasi Perangkat (OPD) dan pejabat dilingkungan Pemda Malteng,  pimpinan dan staf TNI  Brigif Nusa Ina Masohi,  Yonif 731/Kabaressy, DanPOM dan perwira Polri Polres Malteng,  Pimpinan Ormas,  OKP, dan Organisasi Perempuan.

Sementara yang menjadi peserta upacara terdiri dari barisan TNI, Polri,  Satpol PP,  Korpri,  BUMN,  Mahasiswa, Pramuka,  dan pelajar SMA, SMP,  SD Se-Kota Masohi.

Pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPRD Malteng Ibrahim Ruhunussa,  selesai kemudian dilanjutkan dengan kenaikan Bendera Sangsaka Merah Putih oleh pasukan penggerak bendera, terdiri dari pasukan kelompok 17, 8 dan pasukan 45, mereka berasal dari pelajar tingkat SMA/SMK Se-Malteng yang terpilih dan anggota TNI dan Polri.

Usai pelaksanaan kenaikan bendera,  Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH dan rombongan melanjutkan kegiatan di rumah tahanan (Rutan)  kelas IIB Masohi. Bupati mewakili Menteri Hukum dan HAM RI,  berkesempatan memberikan pengurangan masa tahanan(Remisi) kepada 64 orang narapidana penghuni Rutan kelas IIB Masohi.

Setelah itu,  Bupati dan rombongan kembali dan pada pukul 18.00 dilanjutkan dengan upacara penurunan Bendera Sangsaka Merah Putih.  Kemudian pada malamnya dilanjutkan dengan ramah tamah yang dipusatkan di Aulah Pendopo Bupati.

Untuk diketahui,  dari pantauan wartawan, jalannya perayaan HUT RI ke 74 Tahun, berjalan aman dan lancar,  namun tidak semeria tanpa ada perlombaan yang disediakan panitia.  Masyarakat juga tidak mengikuti jalannya detik-detik proklamasi yang ditandai dengan pembacaan teks proklamasi dan kenaikan Bendera Sangsaka Merah Puti. Masyarakat hanya ikut merasakan kemerdekaan RI ke 74 Tahun dengan menaikan bendera Merah Putih di halaman rumahnya masing-masing. (Uchan)

88 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments