Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemda Pohuwato Canangkan Literasi Berbasis Inklusi Sosial

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Wakil Bupati Amin Haras mengakui bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pohuwato di bawah kepemimpinan Kadis Lusiana Bouty sudah begitu maju dan meningkat. Berbagai kegiatan Perpustakaan, Literasi yang terus dibudayakan di tengah-tengah masyarakat.

Hingga saat ini sudah ada 70 Perpustakaan Desa yang terus di kembangkan di Kabupaten Pohuwato. Keberadaan dari perpustakaan ini kata Wabup tidak saja memberikan pengetahuan, juga merupakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Antara lain dengan literasi berbasis inklusi. Ini sangat mendukung apa yang menjadi visi misi Pemerintah Daerah dalam rangka menggenjot ekonomi kerakyatan,” terangnya.

Wabup Amin Haras pun mengakui bahwa Program Literasi berbasis Inklusi Sosial yang merupakan implementasi dari membaca seperti menanam tanpa tanah (Hidroponik) sederhana yang menggunakan botol air mineral bekas sangatlah baik.

“Disamping manfaatnya besar untuk ekonomi juga mengurangi sampah plastik yang merupakan program pemerintah daerah yang sedang kami galakkan dalam mengurangi sampah plastik,” tambah Wabup.

Sementara itu Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Lusiana Bouty menjelaskan seluruh perpustakaan desa yang berjumlah 70-an akan diterapkan program inklusi sosial.

“Dari hasil membaca kami telah melakukan hidroponik sederhana menggunakan botol air mineral bekan, juga membuat aneka sirup buah yang tumbuh di pekarangan rumah penduduk. Hingga membuat aneka cemilan dari buah-buahan, ini adalah kerjasama dengan ibu-ibu PKK,” pungkas Lusiana. (FN/01)

 93 total views

Facebook Comments