Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Tuasikal Buka Pemutahiran Data SDM Kesehatan

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah, Bupati Tuasikal Abua, SH. Membuka kegiatan pemutahiran data sumber daya manusia (SDM) kesehatan.  Kegiata yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes)  Malteng,  dipusatkan di Gedung PKK Malteng,  Kamis,  11/7/9, di ikuti oleh tenaga kesehatan Se-Malteng.

Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH Dalam sambutannya mengatakan bahwa,  kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ketersedian mutu sumber daya manusia (SDM) kesehatan sesuai dengan stander pelayanan  sebagai bagian dari upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.

“Untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya, tentu saja membutuhkan sumber daya kesehatan sebagai penggerak dalam pengambilan kebijakan. Perencanaan. dan perumusan program, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan dengan baik berdasarkan data yang kridibel dan akurat,” terangnya.

Pelaksanaan upaya kesehatan kata Tuasikal, pastinya memerlukan sumber daya manusia yang mencukupi, baik jenis maupun jumlahnya. Dan terdistribusi sesuai kebutuhan dan berkualitas, mempunyai etika yang Iuhur guna meningkatkan kinerja pembangunan kesehatan.

“Dengan demikian, evaluasi terhadap pelayanan program bidang sumber daya kesehatan harus benar-benar direspons dengan cermat oleh seluruh peserta rapat ini agar di tahun-tahun mendeteng tidak ada lagi persoalan dalam bidang SDM kesehatan. Sehingga seluruh sumber daya kasehatan benar-benar siap didayagunakan untuk mawujudkan Maluku Tengah sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat dengan pendekatan keluarga,” ujarnya.

Sejalan dengan itu lanjut Tuasikal, mengingat sumber daya manusia kesehatan merupakan salah satu program prioritas kementerian kesehatan sehingga memberikan fokus panting pada pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia, guna  menjamin ketersediaan, pendistribusian dan peningkatan kualitas mutu sumber daya manusia kesehatan.

“Pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan meliputi perencanaan kebutuhan SDM Kesehatan. Pengadaan yang meliputi Pendidikan dan pelatihan SDM, pendayagunaan,  termasuk peningkatan kesejahteraannya dan pembinaan serta pengawasan mutu SDM Kesehatan.” tegasnya. (Chn)

39 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments