Gelar Buka Bersama, Ini Harapan Kepsek SDN 09 Masohi

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah, Keluarga besar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Masohi Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah menggelar buka puasa bersama (Bukber). Bukber yang berlangsung di gedung SD Negeri 09 Masohi,  Jumat, 24/5/19, diikuti seluruh siswa dan siswi serta dewan guru baik yang beragama muslim dan nasrani. Turut hadir ketua komite Yuslan Idris,  Kordinator Dinas Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Kota Masohi Husni Sou serta orang tua wali murid, serta ustad Agus yang memberikan siraman rohani menjelang waktu bukber.

Kepala Sekolah SD Negeri 09 Ny.  Wiladida. S.Pd, dalam arahannya mengatakan bahwa,  kegiatan bukber yang dilaksanakan keluarga besar SD Negeri 09 Masohi,  sebagai manifestasi dari nilai-nilai toleransi beragama yang selama ini dipegang dan dijungjung tinggi dalam proses belajar mengajar dilingkungan sekolah. Selain itu, untuk menjaga hubungan silaturahmi antara siswa-siswi,  guru, komite dan seluruh orang tua wali murid SD Negeri 09 Masohi.

“Bulan puasa ramadhan,  sebagai bulan yang penuh rahmat, penuh ampunan, maka waktu yang tepat bagi keluarga besar SD Negeri 09 Masohi untuk saling bersilaturahmi. Dan dengan bukber ini,  kita semua saling memaafkan satu dg yang lain,  sehingga kedepan kita semua lebih bersinergi untuk lebih memajukan sekolah ini dan lebih berprestasi, ” ujarnya. Dikatakan,  kegiatan hari keagamaan sudah menjadi agenda tetap setiap tahun dilaksanakan oleh keluarga besar SD Negeri 09 Masohi. Bukan hanya kegiatan bukber bagi siswa siswi dan guru yang beragama muslim yang kita laksanakan ri bulan ramadhan,  namun disetiap natal,  kita juga melaksanakan natal bersama.

“Bukan hanya bukber pada bulan ramadhan,  setiap natal keluarga besar SD Negeri 09 Masohi melaksanakan natal bersama,  juga melibatkan siswa-siswi,  guru, komite dan orang tua wali murid baik muslim dan nasrani,  semua dilibatkan, karena sudah menjadi agenda tetap sekolah, ” tegasnya.

Sementara iti koordinator DiknasBud Kota Masohi Husni Sou, dalam arahan singkatnya mengatakan bahwa,  kegiatan bukber yang di laksanakan, sudah tentu memberikan langka positif bagi siswa-siswi untuk terus memupuk semangat nasionalisme.  “Ini penting,  untuk membina hubungan silaturahmi dan lebih menumbuhkan nilai nasionalisme untuk siswa-siswi di SD Negeri 09 Masohi.  SD ini  telah memberikan touladan bagi semua lembaga pendidikan di lingkup Kota Masohi,  karena sudah menjadi agenda tahunan dalam perayaan hari besar keagamaan,  dan menjadi spirit bagi sekolah lain, ” terangnya.

Ustad Agus dalam tausianya, mengingatkan kepada siswa-siswi dan keluarga besar SD Negeri 09 Masohi,  agar selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT,  dengan rajin membaca Alqur’an untuk ummat muslim dan bagi ummat nasrani terus membaca injil. “Bulan ramadhan ini adalah bulan latihan, bulan disiplin, sehingga selesai bulan ramadhan maka kita semua bisa disiplin terhadap tugas kita semua termasuk disiplin dalam belajar di sekolah, ” ingatnya.

Ustad juga menambahkan bahwa,  selain bulan ramadhan sebagai bulan latihan, kita juga harus menjaga lisan kita dalam perkataan. “Selain kita disiplin,  lisan dalam perkataan harus dijaga sehingga tidak melukai teman yang lain. Ramadhan juga menganjurkan kita harus saling membagi dan saling menolong satu dengan yang lain,  menjaga persatuan dan kesatuan sehingga kedamaian dan keragaman  hidup terus terjaga dengan baik, ” ujarnya.

Untuk diketahui,  selesai bukber,  dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaa. (CHN)

 388 total views

Leave A Reply