Rencanaan Pembangunan Pohuwato Bersinar di Kancah Nasional

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Sepak terjang Pemda Pohuwato di kancah Nasional terus berlanjut. Hal ini menyusul keberhasilan daerah berjuluk Bumi Panua menembus 10 besar nasional dalam penilaian Perencanaan Pembangunan yang diikuti oleh total 415 Kabupaten se-Indonesia.

Sebelumnya Pohuwato berhasil mengalahkan 4 Kabupaten yang ada di Gorontalo dan berhasil menjuarai penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Provinsi. Dan maju sebagai perwakilan Gorontalo di ajang Nasional.

Pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Ruang Dulohupa Kantor Gubernur Gorontalo Senin (1/4) kemarin Pemda Pohuwato diwaikili Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh. Menerima penghargaan Juara 1 PPD tingkat Provinsi yang diserahkan langsung oleh Menteri Bappenas Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.

Keikutsertaan Pohuwato di tingkatan Nasional ternyata tak sekedar sebagai pelengkap saja. Melalui pemaparan dari Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh dengan mengandalkan program Rumah Komunal dan Gema Panua berhasil memukau tim penilai dari Bappenas. Sehingga dari 17 Kabupaten yang mengikuti pemaparan tersebut Pohuwato dinyatakan layak masuk 10 besar untuk memperebutkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Nasional tahun 2019.

Kepala Baperlitbang Pohuwato, Irfan Saleh mengatakan bahwa rencananya pada 4-5 April tim penilai dari Bappenas akan mengunjungi Bumi Panua Pohuwato untuk melakukan verifikasi lapangan.

“Alhamdulillah kita sudah masuk pada penilaian tahap V yaitu verifikasi dan kunjungan lapangan. Ada 22 indikator yang akan dinilai nanti. Insya Allah Pohuwato kita bisa masuk 3 besar nasional dalam penilaian ini,” pungkas Irfan. (FN07)

 132 total views

Leave A Reply