Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Hadiri Pertemuan Dengan BI Pusat, Wabup Amin Harap Pertumbuhan Daerah Tetap Terjaga

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Dalam rangka memperkuat sinergi untuk ketahanan dan pertumbuhan ekonomi Gorontalo, Bank Indonesia melaksanakan pertemuan tahunan, Senin (7/1). Wakil Bupati Amin Haras turut menghadiri kegiatan yang berlangsung di Ballroom Lantai 4 Bank Indonesia ini.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut pula Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Forkopimda Provinsi dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Ricky P. Gozali.

 

Usai kegiatan Wabup Amin Haras menjelaskan, Pertemuan Tahunan Bank Indonesia yakni dalam rangka Evaluasi Kinerja Ekonomi Gorontalo dan juga prediksi pertumbuhan ekonomi di masa yang akan datang.

 

“Sehingga itu melalui evaluasi ini hal-hal apa saja yang kita capai selama 2018. Secara umum pertumbuhan ekonomi se-Provinsi Gorontalo baik yakni 6,24 persen. Tetapi Pohuwato lebih baik karena pertumbuhan ekonomi pada 2017 6,80 persen. Begitu juga dengan PDRB dan juga tingkat pengangguran kita masih lebih baik yakni 2,70 persen pada 2017,” ujar Wabup Amin.

 

Sehingga itu untuk menggenjot ekonomi di tahun 2019 kata Wabup Amin, tetap didominasi oleh investasi pemerintah. Artinya, pertumbuhan ekonomi daerah masih sebagian besar tergantung pada belanja daerah atau investasi pemerintah.

 

“Salah satu upaya peningkatan ekonomi agar terjaga dengan baik dan meningkat tentu harus segera melaksanakan berbagai program kegiatan. Sehingga dengan demikian maka perputaran ekonomi daerah sudah bisa jalan terutama untuk menyerap tenaga kerja. Juga untuk putaran keuangan di masyarakat kalau kegiatan program sudah jalan dengan sendirinya maka belanja sudah akan beralih di tengah-tengah masyarakat,” tambahnya.

 

Selain itu juga tambah Wabup Amin Haras, dengan adanya kebijakan-kebijakan Pemerintah Daerah kedepan bagaimana membuka peluang investasi swasta, kemudian berbagai rekomendasi bagaimana bergerak industri-industri pengolahan terhadap produk–produk daerah dan juga industri pariwisata.

 

“Ini yang perlu terutama sektor-sektor yang harus diperhatikan dan bagaimana kedepan itu menjadi perhatian bersama. Tetapi juga tentu pengembangan usaha-usaha pertanian terutama bagaimana produktivitas petani kita bisa ditingkatkan karena pertumbuhan ekonomi masih di dominasi oleh sektor pertanian. jadi ini yang perlu kedepan masih perlu kita tingkatkan sehingga pertumbuhan di daerah tetap terjaga dan bisa meningkat,” pungkas Wabup Amin. (FN01)

 102 total views

Facebook Comments