Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Bimtek Paguyaman Pantai, Lahirkan Tenaga Teknis dan Bumdes Profesional 

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Bendahara desa se Kecamatan Paguyaman Pantai, yang didampingi Pemerintah Kecamatan Paguyaman Pantai, melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan penguatan kapasitas kader Teknis di seluruh desa se Kecamatan Paguyaman Pantai.

Kegiatan yang berlangsung sejak 22 hingga 26 Desember (hari ini_red) itu, berlangsung di New Hotel Rachmad, Kota Gorontalo, yang diikuti kurang lebih 64 peserta. Dalam kegiatan itu, sebanyak enam pemateri memberikan pemahaman tentang beberapa materi pada tenaga Teknis desa, seperti metode survey dan pengukuran, perhituangan volume, jalan Desa, perencanaan gedung tahan gempa, serta desain RAB. Sementara untuk materi Bumdes, pemateri menjelaskan tata cara penyusunan Peraturan Desa dan AD/ART Tentang Bumdes, Review Pelaksanaan Bumdes & Organisasi Bumdes, Menyusun Model Perencanaan Bisnis ( Bisnis Plan), Membangun Jaringan Kerja sama Bumdes, Manajemen/Strategi Pemasaran Bumdes dan RKTL BumDes.

FOTO : Suasana Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan Bendahara desa se Kecamatan Paguyaman Pantai, yang didampingi Pemerintah Kecamatan Paguyaman Pantai.

Pendamping pada kegiatan itu Irfan Lanangawa, menjelaskan dalam kegiatan itu, dihadirkan pemateri tenaga ahli dari Provinsi Gorontalo sebanyak 2 orang, dan 2 orang lagi pemateri tenaga ahli Kabupaten Boalemo. ” Dengan adanya materi yang di berikan tenaga ahli dari provinsi dan kabupaten ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan keilmuan peserta, baik itu tenaga ahli teknis desa dan pengurus Bumdes se Kecamatan Paguyaman Pantai,” ujarnya.

Sementara itu Suleman Daima, turut menambahkan, kegiatan Bimtek kepada tenaga teknis desa dan pengurus Bumdes itu, sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Paguyaman Pantai. “Kegiatan ini rutin, setiap tahun dilaksanakan pemerintah kecamatan dan Insya Allah dengan adanya Bimtek ini melahirkan tenaga teknis dan pengelola Bumdes yang profesional,” paparnya.
Salah satu peserta Bimtek, Haman Harun sangat bersyukur dengan adanya kegiatan Bimtek, yang dilaksanakan Bendahara desa se Kecamatan Paguyaman Pantai. “Alhamdulillah, banyak ilmu yang kita dapatkan selama beberapa hari mengikuti Bimtek ini,” pungkasnya.

Sebelumnya juga, Bupati Boalemo Darwis Moridu, menghadiri sekaligus membuka acara Bimtek yang dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Paguyaman Pantai.

 471 total views

Facebook Comments