Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
NasionalPendidikan

Hari Nusantara, Kenali Nama Lawas 5 Pulau Besar di Indonesia

×

Hari Nusantara, Kenali Nama Lawas 5 Pulau Besar di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com (Nasional) – Hari ini, Kamis (13/12/2018) merupakan Hari Nusantara untuk memperingati Deklarasi Djuanda yang mempertegas wilayah laut Indonesia sebagai negara kelautan. Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara kepulauan besar yang terbentang di garis khatulistiwa.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1966, tak kurang 17.508 pulau tersebar di bawah satu nama, Nusantara. Dari sekian banyak jumlah pulau yang ada, 70 persen di antaranya tidak berpenduduk atau pulau kosong. Sementara itu, sejumlah 16.056 pulau sudah diberi nama dan dilaporkan pemerintah kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Example 300x300

Dari nama-nama yang saat ini ada, ternyata beberapa pulau di antaranya pernah disebut dengan nama lain di masa lalu. Berikut 5 pulau yang memiliki nama lain sebelum akhirnya  bernama seperti saat ini.

1. Sumatera – Swarnadwipa

Sumatera, pulau besar yang menjadi benteng wilayah Indonesia bagian barat ini dahulu dikenal sebagai Pulau Swarnadwipa atau Suvarnadwipa. Dilansir dari laman National Geographic, nama “Suvarnadvipa” muncul dalam Prasasti Nalanda di India yang berangka tahun 860. Saat itu, prasasti menceritakan ekspedisi raja ke Kerajaan Sriwijaya di Sumatera. Swarna atau Suvarna sendiri memiliki makna emas. Sebab, saat itu Sumatera memang dikenal sebagai penghasil emas.  Istilah ini juga disebut pada kisah Ramayana.

2. Jawa – Jawadwipa

Nama Jawa saat ini diambil dari nama yang diberikan oleh nenek moyang terdahulu, yakni Jawadwipa yang berarti pulau yang makmur akan padi. Ada juga yang menyebut istilah ini diambil dari “jawawut”, tanaman biji yang menjadi makanan pokok sejumlah bangsa Asia. Menurut Thomas Stamford Raffles dalam The History of Java (1817), nama Yavadvipa telah disebut dalam sejumlah kisah klasik India seperti Ramayana. Sejumlah berita China dari abad ke-5 juga disebut telah menyinggung mengenai Pulau Jawa dengan sebutan Shi-Po. Menurut Denys Lombard, berita China dari masa Dinasti Yuan kemudian menyebutnya sebagai “Zhao-Wa”. Saat ini, Jawa menjadi pulau yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia. Ini disebabkan pusat pemerintahan negara dan pembangunan yang banyak terdapat di sana. Baca juga: Hari Nusantara, Wujud Implementasi “Deklarasi Juanda”

3. Kalimantan – Borneo

Nama Borneo dicetuskan oleh kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut Kalimantan. Hal itu berasal dari sebutan untuk Kesultanan Brunei. Hal ini karena letak negeri kerajaan itu yang berada satu pulau dengan Kalimantan. Meski begitu, penulis asal AS, Eugene Linden, menyebut kemungkinan bahwa kata “Borneo” bisa juga berasal dari bahasa Sansekerta “Varuna”, dewa hujan yang dipercaya masyarakat Hindu. Menurut Linden, masyarakat Indonesia menyebut Borneo sebagai Kalimantan merujuk pada kata Sansekerta “Kalamantahana” yang berarti pulau yang sangat panas. Manuskrip “Nagarakretagama” yang ditulis Mpu Tantular pada abad ke-14 sendiri pernah menyinggung mengenai pulau “Nusa Tanjungnagara” yang kemungkinan merujuk pada Kerajaan Tanjungpura di Kalimantan.

4. Sulawesi – Celebes

Berdasarkan situs pariwisata Sulawesi, nama Celebes pertama kali digunakan oleh orang-orang Portugis pada awal abad ke-16 untuk menyebut Sulawesi. Ada juga sumber informal yang menyebut bahwa nama Celebes muncul setelah rombongan dari Belanda datang ke pulau yang menyerupai huruf K ini, Orang Belanda itu menanyakan apa nama daerah yang didatanginya ini kepada warga setempat. Karena perbedaan bahasa yang tidak dimengerti oleh warga lokal tadi, ia mengira tamu yang datang padanya sedang menanyakan benda apa yang sedang dipegangnya. Sontak, orang itu menjawab “Sele bessi” yang berarti badik (senjata tradisional Sulawesi) yang terbuat dari besi. Saat itu memang ia tengah membersihkan badik miliknya. Sejak saat itulah nama Celebes digunakan untuk menyebut Pulau Sulawesi sebelum berganti nama menjadi Sulawesi sampai saat ini.

5. Papua – Irian

Dikutip dari laman Pusat Penelitian Politik LIPI, nama Irian diperkirakan berasal dari kosakata dari bahasa Biak, yakni “Mariiyen” yang berarti “bumi yang panas”. Versi lain, kata Irian berasal dari bahasa Onim (Patipi) yakni dari kata “tiri abuan” yang berarti “daratan besar”. Masih dari sumber yang sama, kata Irian juga berasal dari bahasa Aram, yakni “urryan” yang berarti “sinar terang”. Meski begitu, dilansir dari Harian Kompas, disebut pula bahwa kata “Irian” terkait sikap politik masyarakatnya yang mendukung gabung dengan Indonesia. Nama ini disebut muncul secara formal dalam Konferensi Malino pada 15-22 Juli 1946. Frans Kaisiepo yang kelak menjadi gubernur, mengusulkan nama “Iryan”. Nama ini berubah menjadi “Irian” yang berarti “Ikut RI Anti-Nederland”.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hari Nusantara, Kenali Nama Lawas 5 Pulau Besar di Indonesia”, https://nasional.kompas.com/read/2018/12/13/18543791/hari-nusantara-kenali-nama-lawas-5-pulau-besar-di-indonesia.
Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Bayu Galih

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot