Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

SMK Jadi Penyumbang Pengangguran Tertinggi, ini Penjelasan Dikbudpora

Faktanews.com (Daerah) – Provinsi Gorontalo, Dari catatan Badan Pusat Statistik, alumnus sekolah menengah kejuruan (SMK) menjadi penyumbang tertinggi tingkat pengangguran terbuka di Indonesia, termasuk pula di Gorontalo. Angkanya mencapai 12,06% dari total 23.347 orang yang menganggur di Provinsi Gorontalo.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo, Roni R Mamu tidak menampik fenomena ini. Dikatakan Roni bahwa rata-rata SMK yang dibuka di tiap daerah di seluruh Indonesia, termasuk yang ada di Provinsi Gorontalo, belum sesuai dengan kebutuhan bursa kerja yang ada di daerah yang bersangkutan.

“Contohnya, ada SMK jurusan perhotelan di kabupaten Pohuwato. Tapi kalau kita lihat perkembangan pariwisata di sana bagaimana? Perhotelan di sana bagaimana, tumbuh pesat atau tidak? Dan itu terjadi tidak hanya di Gorontalo saja, semua daerah di Indonesia pun mengalaminya,” ungkap Roni.

Dengan demikian, setelah siswa SMK itu lulus, bursa kerja di daerah tersebut minim sehingga mereka yang sudah lulus tidak memiliki pekerjaan dan akhirnya menjadi pengangguran.

Berbeda di negara-negara maju, misalnya di Jepang. Kata Roni, bahwa sekolah kejuruan menyesuaikan dengan kebutuhan industri yang ada di suatu wilayah. Bahkan, industri atau dari pihak pengusaha berkoordinasi dengan pemerintah untuk membuka jurusan tertentu sesuai dengan kebutuhan bursa kerja.

“Pembukaan jurusan di satu sekolah kejuruan, industri juga bisa mengusulkan kepada pemerintah setempat. Bahkan, bukan hanya tenaga kerja yang mana saja yang dibutuhkan, sampai gaji pun sudah diumumkan. Jadi, setelah siswa di sekolah kejuruan itu lulus sesuai kriteria, sudah langsung bisa bekerja,” katanya.(Adv)

 149 total views

Facebook Comments