Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Suang Terhadap HIV/AIDS, KPA Pohuwato Rencana Bentuk WPA

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Dalam rangka mengantisipasi virus HIV  ( Human Immuno Deficiency Virus ) yang notabene adalah sekumpulan penyakit yang mudah menular dan mematikan atau kerap disebut  AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato dalam hal ini Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Pohuwato  menggelar Rapat Koordinasi Rencana Pembentukan Warga Peduli Aids yang dirangkaikan dengan rencana pembentukan Warga Peduli Aids (WPA).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Grand Permai Kecamatan Marisa ini dibuka oleh Bupati Pohuwato melalui Staf Ahli Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ikbar AT. Salam dan dihadiri pun oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Supandi M. Abdullah, Sekretaris KPA Pohuwato dr. Suherman dan Kurniyawan Nihe selaku Tim Asistensi KPA Provinsi.

Dalam sambutannya, Ikbar AT. Salam mengatakan bahwa bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS yang saat ini tengah melanda Kabupaten Pohuwato.

“rencana pembentukan WPA dipandang sangat baik karena akan berfungsi untuk menekan ataupun memberikan solusi terhadap kesadaran akan bahaya penyakit mematikan ini. Kita pahami bahwa Aids itu satu jenis penyakit yang menyerang sistim kekebalan tubuh. Tapi yang perlu kita ketahui bersama bahwa jumlah pengidap virus HIV maupun Aids semakin bertambah dari tahun ke tahun, dimana Jenis virus ini sangat jelas  mudah terjangkit pada orang lain, sehingga ini membutuhkan kepedulian bersama. “Ya, kalau bisa kita cegah di cegah sehingga tidak menyebar, kalaupun sudah maka bagaimana upaya menanganinya”ujar Ikbar. Seraya menambahkan

Dimana beberapa prinsip dasar guna menanggulangi HIV/AIDS ini sangat membutuhkan peran serta dari masyarakat dan Pemerintah Daerah, serta memperbanyak sosialisasi yang mengarahkan agar masyarakat lebih mempertahankan dan memperkokoh ketahanan dan kesejahteraan dalam berumah tangga.

“ Saya berharap kehadiran kita bersama baik perwakilan OPD, Kepala Desa dan Lurah dalam rangka pembentukan WPA ini apabila sudah terbentuk tidak hanya sampai sebatas terbentuknya tim ini, tapi bagaimana kemudian melakukan langkah-langlah dan kegiatan-kegiatan yang memang itu bisa mencegah, meminimalisir penyebaran dari pada penyakit HIV dan Aids di Pohhuwato terutama peran dari para Kades dan Lurah, Karena sampai dengan hari ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit Aids tersebut yang ada hanya sebatas mencegah dan itupun dilakukan setiap saat sehingga virus itu tidak menyebar ke seluruh tubuh, Disisi lain, kenyataan di tengah-tengah masyarakat kita bahwa HIV dan Aids ini dari hari kehari dan dari tahun ke tahun kasus ini makin meningkat. Maka mari sama-sama secara sukarela bagaimana masyarakat kita tidak mendekati sumber-sumber dari pada peyakit Aids dan HIV. (FN01)

 418 total views

Facebook Comments