Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Dinilai Tidak Merata,  Bantuan Mesin Konversi DKP Boalemo Dipertanyakan

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Sekitar Dua puluh orang perwakilan dari masyarakat nelayan Desa Potanga Kecamatan Botumoito, mendatangi Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Boalemo untuk mempertanyakan pembagian mesin konversi yang dinilai tidak merata.

Sardin doka, perwakilan msyarakat mengungkapkan maksud dan tujuan mereka mendatangi kantor DKP adalah meminta kejelasan dari pihak DKP terkait pembagian mesin konversi untuk nelayan di desanya.

” Maksud dan tujuan kami adalah ingin meminta kejelasan tentang bantuan mesin itu, karena kami di desa potanga ini nelayan nya juga banyak, ada dua puluhan lebih masyarakatnya punya kartu nelayan  tapi kenapa yang di berikan hanya dua orang. Oleh karena itu kami datang ke kantor DKP ini untuk meminta kejelasan tersebut”. Urai sardin.

Sardin menambahkan bahwa saat pengumpulan kartu nelayan, mereka dijanjikan akan mendapatkan mesin konversi tersebut, namun hampir semua nelayan tidak dapat  dan bahkan ada yang sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan. Disatu sisi dirinya sudah berulang  kali memasukkan proposal bantuan ke kantor DKP tapi masih beroleh hasil nihil.

“ Padahal pada saat pengumpulan pengumpulan kartu nelayan, kami dijanjikan akan mendapatkan mesin konversi itu, namun hampir semua nelayan tidak dapat  dan bahkan ada yang sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan. Disatu sisi saya sudah berulang  kali memasukkan proposal bantuan ke kantor DKP tapi tetap belum mendapatkan apa – apa.” Jelas Sardin.

kepala dinas kelautan dan perikanan Adnan Marzuk, dalam klarifikasinya  mengatakan bahwa mesin konversi yang di bagikan ke masyarakat itu bukan dalam bentuk bantuan. Dimana menurut Adnan hal itu adalah hibah dari Kementerian Migas untuk memudahkan dan mengurangi biaya para nelayan.

“Mesin konversi ini bukanlah bantuan, tapi ini hibah dari Kementrian Migas. Karena mesin konversi ini berfungsi sebagai converter  bahan bakar minyak ke bahan bakar gas, tentu tujuannya adalah untuk memudahkan nelayan nelayan kecil di saat BBM langka.” Terang Adnan.

Adnan menambahkan bahwa hibah konversi ini sudah melalui verifikasi langsung dari pihak Kementerian Migas, sehingga daftar nama penerima mesin konversi  sudah terdata secara langsung dan tidak bisa diintervensi oleh pihak DKP.

” Bantuan mesin konversi untuk para nelayan diseluruh desa se Kabupaten  Boalemo ini berdasarkan hasil verivikasi langsung dari pusat. Jadi kami mengikuti hasil dari sana dan mesin yang di verifikasi ini baru  berjumlah sekitar700 unit mesin yang dibagikan sehingga nelayan yang belum mendapatkan pembagian ini tolong bersabar, Karana nanti akan ada tahap duanya dan pasti semua nelayan yang memegang kartu nelayan akan  kebagian mesin itu. ” Jelas adnan .

Seperti diketahui, Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo beberapa waktu lalu telah menyerahkan Bantuan berupa unit converter bahan bakar mesin dari BBM ke BBG dan tabung gas elpigi 3 KG kepada masyarakat nelayan di Enam Kecamatan se Kabupaten Boalemo pada Sabtu (3/11).

Baca : https://faktanews.com/2018/11/03/lagi-pemda-boalemo-beri-bantuan-khusus-nelayan/ 

(FN06)

 427 total views

Facebook Comments