Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Kuasai Fungsi P3, Ikatan Wartawan KabGor Dilantik Nelson

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Gorontalo, Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Gorontalo, Organisasi profesi bernama Ikatan Wartawan Kabupaten Gorontalo yang disingkat IWKG dan  menaungi para awak media di Kabupaten Gorontalo akhirnya secara resmi dikukuhkan Bupati Nelson Pomalingo.

Nelson Pomalingo dalam sambutannya mengatakan bahwa, pada profesi wartawan ini memiliki berbagai fungsi yang diantaranya fungsi PPP. Dimana profesi wartawan dewasa ini sangat membantu terhadap segala permasalahan karena memiliki fungsi dan semangat juang yang tinggi dalam memberikan silang informasi terhadap masyarakat, Pemerintahan dan juga pada pembangunan.

“ Saya lihat wartawan itu memiliki fungsi P3 yakni sebagai Pencerahaan dalam memberi informasi untuk jutaan orang. Kedua sebagai Penyemangat dan ketiga adalah sebagai Pengawal,” Terang Nelson.

Bupati Nelson, Saat Mengukuhkan Pengurus IWKG. Sabtu (10/18)

Kata Nelson, Pengawalan yang dimaksud adalah mengawal kondisi masyarakat, pemerintahan dan juga pembangunan di daerah dengan memberikan informasi atau berita yang baik, akurat dan berdasarkan data valid.

“Wartawan itu selalu memberikan semangat juang bagi visi misi pemerintahan dan juga pada pembangunan. Jika ada sesuatu yang salah atau kurang tepat maka disitulah wartawan berperan. Dan yang terpenting adalah melakukan perubahan,” Ucap Sang Proklamator itu.

Dengan terbentuknya organisasi IWKG, Bupati Nelson berharap bisa organisasi itu mampu menjadi wadah pemersatu untuk para wartawan baik dari media cetak, televisi, online dan juga radio Serta sebagai wadah untuk mengasah profesionalisme wartawan.

“ Ingat, profesi apapun itu orang yang akan terpanggil adalah orang yang profesional dan tekun terhadap profesi yang dia pilih, untuk itu, IWKG harus menjadi wadah persahabatan bagi para wartawan baik secara internal maupun secara eksternal. Akhirnya saya atas nama Pemerintah daerah mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus IWKG untuk periode 2018 – 2020 dan semoga mampu menjadi mitra yang baik dengan pemerintah dan masyarakat.” ujar Nelson.

Sementara itu, Ketua IWKG  Alfianto Hamid wartawan koran harian Rakyat Gorontalo (eks. Radar Gorontalo-red) saat diwawancarai usai pengukuhan mengatakan bahwa proses terbentuknya IWKG adalah buah hasil perjuangan dari para wartawan untuk bisa mempererat tali silaturahim sesama profesi sekaligus menjadi wadah yang menjunjung tinggi etika jurnalistik.

” Kehadiran IWKG bukan bermaksud untuk mengintervensi media yang ada di dalam organisasi ini, namun justru sebaiknya. Dimana wadah ini akan kami jadikan sebagai tempat untuk mempererat tali silaturahim antar sesama kami wartawan yang menjunjung tinggi etika jurnalistik.” Urai Alfian.

Ketua IWKG, Ketua AJP dan Ketua IJOB saat berpose dengan Kadis Kominfo KabGor Aziz Nurhamidin

“Harapan kami dari organinasi ini, agar bisa melakukan pengawalan terhadap seluruh pembangunan di Kabupaten Gorontalo. Jika ada kekeliruan, kita akan memberikan informasi berdasar data yang valid, dan kita akan protes melalui media masing-masing secara baik dan benar serta didukung pula dengan data yang jelas,” jelas Alfian.

Selanjutnya Alfian menambahkan bahwa selain komitmen membangun sebuah hubungan yang harmonis dengan seluruh pihak, IWKG dalam perjalanannya tidak akan mengintervensi segala pemberitaan dari para anggotanya. Untuk itu kata Alfian, dalam waktu dekat pihaknya akan segera menyusun program yang kemudian akan diberikan kewenangan pada divisi – divisi untuk menyusunnya.

” IWKG tidak akan mengintervensi segala hal yang berhubungan dengan penyebarluasan informasi dimasing – masing media yang menjadi anggota. Dan untuk program kerja, kami menyerahkan kewenangan kepada masing-masing divisi untuk segera menyusun program baik jangka pendek maupun program jangka panjang dan targetnya sudah bisa bisa dilakukan dalam waktu dekat ini.

Kegiatan  tersebut turut dihadiri oleh Kepala OPD se Kabupaten Gorontalo, Bagian Protokol dan Kehumasan, para Camat dan Lurah, Staf Ahli Bupati, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Gorontalo, Ketua Aliansi Jurnalsi Indonesia Gorontalo, Perwakilan Persatuan Wartawan Indonesia Gorontalo, Ketua Ikatan Jurnalis Online Boalemo, Ketua Aliansi Jurnalis Pohuwato serta para tamu undangan lainnya. (Adv) 

 309 total views

Facebook Comments