Ultimate magazine theme for WordPress.

Syarif Mbuinga : Pengolaan Arsip Dilingkungan Pemerintah Sangatlah Penting

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, ïDinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pohuwato melaksanakan kegiatan penyusunan dan penertiban naskah sumber arsip di Lingkungan Pemerintah Daerah, yang berlangsung pada Selasa (30/10). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh bupati Pohuwato Syarif Mbuinga yang juga didampingi oleh kepala dinas perpustakaan dan kearsipan, bersama Arsip Madya Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutanya Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga mengatakan, pengolaan kearsipan di lingkungan pemerintah daerah ini sangatlah penting, bahkan dirinya mengharapkan kegiatan tersebut tak hanya dilaksanakan begitu saja tanpa menanamkan tentang apa pentingnya arsip itu sendiri.

“Zaman dahulu menulis dan menyimpan arsip mereke dengan begitu rapi meskipun hanya ditulis pada bebatuan, dedaunan, dan lain sebagainya. Meskipun demikian kita bisa mengatakan bahwa Pohuwato hebat hari ini atau Pohuwato punya kekurangan hari ini. Tapi pada 10 sampai 30 tahun mendatang apa yang bisa membuktikan hal itu,” Kata Syarif

Sementara itu kepala dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Pohuwato Lusiana Bouty menjelaskan, Selama ini persepsi masyarakat terhadap arsip masih sangat memprihatinkan, bahakan arsip dinilai sebagai kertas usang digudang yang sewaktu-waktu terancam akan di buang.

“ Padahal arsip memiliki peranan penting di daerah global, arsip pun tak bisa dilepaskan dari kegiatan birokrasi baik di pemerintahan Nasional, Provinsi, Kabupaten/ Kota, bahkan sampai ke tingkat Desa dan Kelurahan,” Ujar Lusiana

Selain itu Lusiana juga mengatakan, penyelenggaraan penyusunan dan penertiban naskah sumber arsip guna mendukung kepentingan manejemen pemerrintahan dan pembangunan derah.

“Arsip tak hanya dipandang sebagai catatan secarah, melainkan juga bagian tak terpisahkan dari manejemen organisasi,” Tutup Lusiana. (FPR)

51 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini

Facebook Comments