Ultimate magazine theme for WordPress.

SMA Negeri 2 Amahai Gelar Syukuran Hut Ke 16 Tahun

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah, Sekolah Menengah Atas Negeri Dua (SMAN 2) Amahai Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menggelar acara syukuran Hut-nya yang ke Enam Belas (16 Tahun) pada Sabtu, (22/9). Kegiatan dipusatkan di halaman lingkungan sekolah, dihadiri Ketua komite sekolah, tokoh masyarakat, tokoh agama, staf dewan guru, siswa-siswi dan para alumni.

Kegiatan syukuran Hut di awali dengan acara tahlilan dan doa syukur yang dibacakan oleh Imam Masjid. Dusun Sihulo Negeri Tamilou Ahmad Anjel Tomagola. Selanjutnya di lanjutkan dengan penilaian lomba 7K masing-masing kelas siswa dari kelas X hingga kelas XII oleh tim penilai yang dipercayakan pihak sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan acara makan Patita bersama, disilingi suguhan seni tarian kearifan lokal yakni Tari Kipas dari Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku dan Tari Dinding Badinding dari Provinsi Sumatra Barat oleh sanggar seni SMA Negeri 2 Amahai.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Amahai Jabir Tomagola, S.Pd, kepada wartawan mengatakan bahwa. Tujuan dari pelaksanaan Hut SMA Negeri 2 Amahai adalah untuk merefleksikan kembali keberadaannya sejak awal berdiri hingga menjadi sekarang. Selain itu, untuk menumbuhkan rasa memiliki serta kepedulian baik seluruh Civitas Akademika maupun peserta didik dan masyarakat terhadap sekolah ini.

“Awalnya sebelum menjadi sekolah negeri, berada pada Yayasan Matlaul’Anwar, kemudian menjadi SMA Negeri 2 Amahai sampai sekarang dan sudah meluluskan alumni yang dapat bersaing di jenjang pendidikan tinggi dan bahkan ada yang sudah kembali mengabdi di sekolah asal. Kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa cinta dan rasa memiliki seluruh komponen sekolah baik seluruh guru dan staf, peserta didik maupun masyarakat terkhususnya masyarakat Negeri Tamilou terhadap Sekolah ini, ” tegasnya.

Dalam pengembangan sekolah ini lanjut Tomagola, seluruh Civitas Akademika bekerja sesuai Visi Sekolah yakni. ” Terwujudnya karakter peserta didik yang beriman, cerdas, terampil, mandiri, berwawasan lingkungan serta melestarikan seni dan kearifan lokal.

Sementara itu untuk menuju pada visi maka ada lima misi yang terus di kembangkan sekolah yakni. ” 1. Mengembangkan sikap dan prilaku religius, melalui pengamalan ajaran agama. 2. Memberdayakan tenaga pendidik dan kependidikan yang memenuhi standar yang ditetapkab.3. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan yang kondusif. 4. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembinaan kewirausahaan, pengembangan diri yang terncana dan berkesenambungan. Dan Menenamkan kepedulian sosial, lingkungan, kearifan lokal, gemar membaca, semangat kebangsaan, hidup demokratis, cinta damai dan cinta tanah air, ” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan momentum Hut ke16 SMA Negeri 2 Amahai, dapat memberikan inspirasi serta dorongan baik peserta didik maupun guru dan staf serta masyarakat untuk mendorong meningkatkan kualitas mutuh pendidikan yang lebih baik. “Pengembangan kualitas pendidikan, bukan hanya tanggung jawab pihak sekolah, namun menjadi tanggung jawab semua komponen termasuk masyarakat. Sehingga dengan momentum ini, ada rasa kepedulian dan tanggung jawab semua elemen baik pendidik,peserta didik dan masyarakat di Negeri Tamilou untuk bersama-sama membangun sekolah ini lebih maju,berkembang dan berkualitas sesuai yang diharpakan pemerintah dan masyarakat,” harapnya.

Untuk ditehui, setela acara syukuran, pada malamnya ditampilkan pegeralan seni, menampilkan tarian-tarian kearifan lokal yang di bawakan oleh siswa siswi SMA Negeri Tamilouw masing-masing, tari lengso, tari gambus, tari cakalele, tari maku-maku, tari kipas dan pencaksilat. (Rahim/Rus)

154 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Facebook Comments