Ultimate magazine theme for WordPress.

Maksimalkan Penggunaan Dana Desa, APDESI Pohuwato Sharing Ke Dirjen Bina Desa

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Menjadi sebuah perhatian khusus, dimana penggunaan dana desa tertuju pada sebuah pembangunan serta  pemberdayaan masyarakat, hal ini tentu tidak membuat para kepala desa di Bumi Panua untuk terus melakukan sharing guna mengetahuai secara luas tentang bagaimana membedah 2 kewenangan yang bersumber dari ADD Desa dan Dana Desa secara menyeluruh.

Dimana semua program yang harus dijalankan atau yang menjadi prioritas haruslah disepakati melalui jalur musyawarah desa yang partisipatif serta peningkatan SDM baik Kepala Desa, Sekretaris Desa dan bendahara yang diwajibkan mengetahui dan memahami ilmu managerial agar pengelolaan dana tersebut lebih baik dan tepat sasaran.

Dalam kunjungan kali ini ke Direktorat Bina Desa, para Kepala Desa telah diperingati agar lebih hati-hati dalam mengelola dana desa, sebab ada berbagai macam kegagalan program seperti yang harusnya dilaksanakan oleh pemerintah daerah akan tetapi dibebankan kepada desa.

Staf Dirjen Bina Desa (Kanan: Suyadi, S.AP. M.AP – Kiri : Bima) Sementara Memberikan Materi Kepada APDESI Pohuwato

Staf Bidang Keuangan Desa, Suyadi, S.AP,. M.AP menjelaskan bahwa setiap kepala desa harus mengedepankan efisiensi dan efektifitas, dimana desa harus tetap menghindari program yang notabenenya hanyalah sebuah tindakan yang membuang-buang anggaran.

“Kepala Desa haruslah berfikir bagaimana dana desa itu bisa tepat sasaran, janganlah mengikuti sebuah program yang tidak masuk dalam musyawarah desa yang padahal itu adalah kegiatan dari Pemerintah Daerah, diamana perlu kita pahami bersama apa yang menjadi rujukan bapak-bapak, jika tidak ada pengehamatan anggaran maka sesuaikan program yang telah disepakati melalui musyawarah desa.” Jelas Suyadi

Ditambahkannya lagi, dirinya sangat mengapresiasi kedatangan para Kepala Desa se Kabupaten Pohuwato, dimana Suyadi berharap kedepan dana desa tidak berpotensi menjadi sebuah persoalan.

“Saya sangat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada selruh Kepala Desa yang hadir saat ini, saya berharap setelah kita sharing informasi tentang dana desa, setiap desa yang ada di Kabupaten Pohuwato kedepan sudah memiliki kesiapan dalam mengelola dana tersebut, sebab saat ini ada banyak persoalan tentang dana desa yang bisa dikatakan cukup serius, sebab hampir rata-rata semua terkendala dalam pengelolaan keuangan, sehingga saya meminta agara seluruh kepala desa dapat mengelola dananya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.”Harap Pria yang kerap disapa Yadi. (FN01)

70 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments