Ultimate magazine theme for WordPress.

Taman Budaya Limboto, Kebanggaan Baru Di Kabupaten Gorontalo

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Gorontalo, Rencana Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang akan membangun Taman Budaya Limboto ini membuat masyarakat menunggu realisasinya. Pasalnya Taman Budaya Limboto tersebut kabarnya juga akan menjadi salah satu wisata terbuka sekaligus  tempat yang dapat memberikan pengetahuan umum terkait kebudayaan serta kesenian yang tentunya menjadi ikon penting Gorontalo.

Seperti diketahui, pembangunan Taman Budaya Limboto ini akan dibangun diatas tanah seluas 2 (Dua) Hektar yang berada tepat didepan Kantor Bupati Gorontalo. Rencananya Kawasan Rumah Adat Banthayo Poboide ini akan diperluas hingga didepan Mesjid Baiturrahman Limboto dengan dilengkapi sejumlah fasilitas yang tentunya akan membuatnya menjadi ikon baru Kota Limboto sebagai Ibukota Kabupaten. Ruang terbuka hijau, fasilitas internet (wifi) gratis, air mancur, taman bermain dan panggung pegelaran budaya pun ornament adat seperti alat musik Polopalo dan tiang adat serta monument Al Quran raksasa akan turut menghiasi Taman Budaya yang akan memakan biaya Rp. 3.5 Miliar itu.

Ninda Karnain, Mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Gorontalo kepada Faktanews sangat mengapresiasi pembangunan Taman Budaya Limboto tersebut. Dimana menurutnya rencana Pemerintah ini tentu akan sangat membantu dirinya dan juga mahasiswa secara umum dalam hal memperdalam ilmu budayanya sekaligus menjadi tempat wisata baru di Gorontalo.

“ Tentunya saya sangat apresiasi atas rencana pembangunan Taman Budaya Limboto, selain untuk menambah pengetahuan tentang budaya, fasilitas – fasilitasnya akan sangat membantu utamanya kami sebagai mahasiswa. Pasti itu akan menjadi tempat wisata yang fantastis dan tempat rekreasi yang murah dan merakyat.” Ungkap Ninda.

Design engenering Detail (DED) dan Master Plan pembangunan Taman Buday Limboto

Sama halnya dikatakan Arief, masyarakat Kota Limboto mengungkapkan bahwa Gorontalo merupakan salah satu suku bangsa yang terdapat di Indonesia yang kaya akan dengan adat budayanya. Dimana menurutnya sebagai daerah adat, tentu rencana Pemerintah Daerah untuk membangun Taman Budaya Limboto akan menjadi sebuah kebanggaan baru untuk daerah. Kata Arief saat ini Budaya di Gorontalo perlu dilestarikan dan dikembangkan dalam bentuk apapun karena sudah mendekati kepunahan, sehingga hal yang dibanggakan itu tidak hilang ditelan masa.

“ Suku Gorontalo itu dikenal dengan daerah yang kental akan adat dan budayanya, tentu rencana ini sangat saya dukung. Apalagi saat ini kita tahu bersama adat dan budaya Gorontalo sudah mendekati punah sehingga sangat perlu kita lestarikan, supaya tidak hilang ditelan masa. Jika ini terealisasi, maka bisa dipastikan Taman Budaya Limboto akan menjadi alternative yang merakyat termasuk sebagai pusat kegiatan masyarakat dibidang apapun termasuk perdagangan dan juga sebagai pusat pembinaan dan pelatihan budaya.” Ucap Arief.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gorontalo Donny Lahatie ketika ditemui Faktanews mengungkapkan bahwa rencana Pembangunan Taman Budaya Limboto ini adalah ide brilian Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo. Dimana kata Donny hal tersebut juga adalah merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan ruang terbuka hijau 20% terhadap luasan administrasi sebagaimana pada Undang – undang nomor 26 tentang Penataan Ruang. Hal ini dikarenakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Limboto masih sangat terbatas, sehingga menurut Donny Taman Budaya Limboto ini adalah salah satu upaya untuk memenuhi RTH di Kabupaten Gorontalo.

“ Ide brilian ini adalah ide Bupati Nelson, selain sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan ruang terbuka hijau sesuai amanat Undang – undang nomor 26 tentang penataan ruang tentu pembangunan Taman Budaya Limboto adalah salah satu upaya untuk memenuhi RTH di Kabupaten Gorontalo yang memang masih terbatas.” Jelas Donny. (***)

234 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments