Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Headline

Hewan Bebas Berkeliaran, Masyarakat Yang “Nakal” Atau Pemda Yang Tak Tegas.?

×

Hewan Bebas Berkeliaran, Masyarakat Yang “Nakal” Atau Pemda Yang Tak Tegas.?

Sebarkan artikel ini
Example 468x60


Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Lagi-Lagi Peraturan Daerah Tentang Hewan Ternak Dipermasalahkan, asalnya pada Minggu (2/4) kemarin puluhan ekor ternak sapi berkeliaran dipusat Kota Marisa. Hal ini membuat keindahan Kota Marisa yang saat ini dipersiapkan menghadapi penilaian Adipura terhambat dan keselamatan para pengguna jalan terancam.

Hingga saat ini, penerapan aturan tentang Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2013 Tentang Hewan Ternak belum terealisasi dengan baik,sehingganya sebagian masyarakat belum tahu penerapan perda tersebut dengan sengaja membiarkan hewan-hewan dilepas secara bebas, Meski Perda Hewan Lepas ini sudah disosialisasikan kepada masyarakat, tapi masih saja banyak hewan-hewan ternak yang berkeliaran.

Erli Hasan salah satu masyarakat menyampaikan, bahwa dirinya sangat menyayangkan dengan ketidak sadaran masyarakat dan ketidak tegasan pemerintah daerah terutama Dinas Satpol PP Kabupaten Pohuwato yang bertanggung jawab secara penuh terhadap penegakan perda.

“Saya sebagai masyarakat merasa risih dan tidak nyaman dengan  maraknya hewan ternak yang berkeliaran dan tidak bertuan.,”ungkapnya.

Hal senada pula disampaikan salah satu pengguna jalan, Wawin Wartabone kepada awak media ini, bahwa dirinya sering menyaksikan hewan ternak berkeliaran dijalan trans dan merusak tanaman bunga yang ada di median jalan. Pemkab sebagai pelayan masyarakat, seharusnya tidak pernah berhenti dan terus mensosialisasikan Perda Hewan Lepas ini, sehingga masyarakat akan sadar akan hak dan kewajibannya terhadap hewan-hewan ternak yang dilepas berkeliaran.

“Karena ternak yang dilepas bebas akan mengganggu fasilitas umum dan mengganggu ketertiban masyarakat lainnya. Agar penerapan dan pelaksanaan Perda Hewan Lepas ini bisa berjalan maksimal, tentu dibutuhkan kesadaran dari masyarakat pemilik hewan ternak,”pungkas Wawin (Jho)

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot