Ultimate magazine theme for WordPress.

Target Sukses 100 Persen, Distan Siapkan 20.000 Hektar Lahan Padi Gogo Di Kabgor

Rahmat Pomalingo : Ini Terobosan Bupati Nelson Untuk Gorontalo

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Gorontalo, Salah satu upaya khusus (UPSUS) yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian RI dalam rangka mewujudkan swasembada pangan ialah peningkatan luas tanam yang direalisasikan melalui program cetak sawah. Untuk mewujudkannya, Oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo melakukan terobosan dengan mendorong penanaman padi gogo sebagai wujud peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Rahmat Pomalingo dalam keterangan persnya mengatakan bahwa saat ini sudah ada bibit padi gogo sebanyak 90 Ton untuk 5.300 ditambah 1.000 Hektar bantuan lahan dari pemerintah Provinsi Gorontalo untuk 20.000 Hektar Lahan yang telah disiapkan . Menurut Rahmat fase pertama bibit yang sudah disiapkan sebanyak 40 Ton tersebut sudah diperiksa oleh tim Upsus, dan 50 Ton berikutnya masih dalam tahap pemeriksaan kelayakannya.

“ Benih padi gogo sudah tiba jumat kemarin dan fase pertama sebanyak 40 Ton ini sudah diperiksa, Alhamdulillah hasilnya baik. Pada fase berikutnya sebanyak 50 Ton akan diperiksa oleh tim Upsus Kementan untuk kemudian akan dibagikan pada 5.300 plus bantuan 1.000 hektar bantuan lahan dari Pemprov Gorontalo dari 20.000 lahan yang telah disiapkan di Kabupaten Gorontalo.” Kata Rahmat.

Rahmat pun menambahkan bahwa benih yang telah diperiksa ini telah disimpan pada perwakilan Sang Hiang Sri dilimboto, untuk dibagi saat hujan turun.

“ Saat ini benih tersebut sudah disimpan di perwakilan Sang Hiang Sri (SHS) yang ada dilimboto, nanti dibagi pada saat hujan turun. Dan untuk itu masing – masing kelompok tani yang dibeberapa kecamatan pun sementara melakukan rapat dalam rangka penyelesaian administrasi pembayaran bibit tersebut.” Jelas Rahmat.

Disinggung soal target pencapaiannya, Rahmat optimis lewat program penanaman padi gogo ini bisa menumbuhkan ekonomi. Menurut Rahmat  jika saat ini  di Kabupaten Gorontalo, ladang sawah yang sebanyak 13.000 Hektar bisa mengcover kebutuhan masyarakat maka dengan tambahan 20.000 Hektar lahan padi gogo pun ditargetkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

“ Kita harus capai target 100%, karena ketika melihat kondisi daerah khususnya di pertanian, dengan 13.000 lahan persawahan itu bisa mencukupi kebutuhan daerah maka jika ditambah dengan 20.000 Hektar  lahan padi gogo, maka ini tentunya bisa meningkatkan kesejahteraan dan menumbuhkan geliat perekonomian di Provinsi Gorontalo khususnya di Kabupaten Gorontalo. “ Tegas Rahmat. (FN05)

44 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments