Ultimate magazine theme for WordPress.

Terkait Persoalan Layanan PLN Gorontalo, Kambungu Beresi dan LSM SPAK Gelar Dialog Publik

Gandy Hamzah : Ini Bukti Dari Keseriusan Kami Dalam Membahas Persoalan Daerah

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Gorontalo, Bertempat di Warkop Hanthaleya Limboto, Lembaga Swadaya Masyarakat  Serikat Pegiat Anti Korupsi (LSM-SPAK) Kabupaten Gorontalo bekerja sama dengan Komunitas Kambungu Beresi menggelar Dialog Publik terkait permasalahan layanan PT. PLN (Persero) Wilayah Gorontalo khususnya di Kabupaten Gorontalo atas banyaknya  keluhan masyarakat dewasa ini.

Kegiatan yang dihadiri oleh pihak yang peduli terhadap buruknya kwalitas layanan PLN ini pun membahas permasalahan yang bermula dari Group WhatsApp Menara Gemilang, yang secara keseluruhan meminta penjelasan dari pihak PLN pada masalah sosial yang terjadi. Hal ini Dikatakan Kordinator Komunitas Kambungu Beresi Sugandy Hamzah, Minggu (8/7).

Kepada Faktanews, Sugandy menjelaskan bahwa kegiatan ini bermula pada isu yang berkembang pada media sosial yang kemudian oleh pihaknya pun menginisiatif untuk menggelar dialog publik dalam rangka menegaskan dan mencarikan solusi terkait dengan masalah yang berkembang di Kabupaten Gorontalo.

“ Hal ini kami lakukan dalam rangka menindak lanjuti pembahasan yang ada di Medsos khususnya di group WhatsApp Menara Gemilang. Nah tujuannya adalah untuk menindaklanjuti  dan mencarikan solusi atas apa yang berkembang khususnya terkait masalah kelistrikan. Kita ketahui bersama masalah Listrik, PLN dan Masyarakat tentu masih menjadi opini yang hingga saat ini membuat banyak sekali pertanyaan. Alhamdulillah, dengan diadakan kegiatan ini kami telah menghadirkan manager PLN Rayon Limboto, unsure Pemerintah, BPSK dan Wakil Rakyat untuk kemudian bisa memberikan solusi dalam persoalan listrik di Daerah ini.” Urai Sugandy.

Sugandy menambahkan dengan diadakannya kegiatan tersebut, banyak hal yang kemudian bisa diketahui dan dimaklumi terkait fungsi dan tugas dari PT. PLN (Persero) wilayah Gorontalo khususunya Rayon Limboto atas apa yang dikeluhkan pelanggan.

“ Paling tidak dalam kegiatan ini, masyarakat khususnya yang hadir dalam dialog publik ini sudah mengetahui apa yang selama ini menjadi bahan pertanyaan secara luas.” Tambah Pentolan Kambungu Beresi itu.

Manager PT. PLN (Persero) Rayon Limboto, Rahmawaty Datau kepada Faktanews mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas kegiatan dialog publik yang sudah difasilitasi. Dimana Rahmawaty menjelaskan bahwa dalam wadah tersebut pihaknya telah bisa meluruskan persepsi serta opini yang berkembang atas layanan yang dikeluhkan pelanggan PLN.

“ Pada dasarnya kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pelaksana serta peserta yang hadir dalam dialog ini, Tentunya dalam momen ini kami bisa menjelaskan serta meluruskan persepsi yang ada terkait protes layanan kami. Kedepan kami akan lebih meningkatkan lagi pelayanan terhadap pelanggan khsusunya pada masalah – masalah yang dihadapi oleh pelanggan kami di Rayon Limboto, sehingga saya berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara continue agar supaya terjadi keberimbangan informasi antara PLN dan pelanggan sebagai konsumen.” Jelas Rahmawaty.

Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Adnan Entengo ketika ditemui usai pelaksanaan dialog publik mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas  kegiatan yang bermula pada pembahasan dalam perkembangan tekhnologi tersebut. Dimana menurut Adnan, pihaknya sebagai unsure DPRD pun sangat mendukung atas apa yang dibahas dan diimplementasikan dalam bentuk kegiatan untuk membahas permasalahan daerah.

“ Tentunya ini akan menjadi referensi yang bagus untuk Pemerintah Daerah. Dengan kegiatan seperti ini yang kita ketahui bersama bahwa adalah sebuah kegiatan yang bermula dari perkembangan tekhnologi yang kemudian dibahas secara luas untuk kemudian dicarikan solusinya.  Dan khusus masalah PLN dan keluhan konsumen, regulasi PLN adalah sebuah hal yang paling lama dan tentunya ini akan menjadi sebuah poin penting bagi kami sehingga persoalan pelayanan PLN diharapkan bisa lebih maksimal.” Jelas Adnan.

Ditempat yang sama, Tommy Duke Ketua LSM SPAK mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal segala kebijakan yang berhubungan dengan permasalahan daerah khususnya persoalan listrik dan konsumennya. Menurut Tommy, persoalan listrik ini masalah klasik yang kemudian diharapkan bisa memberikan titik hasil yang bertujuan untuk kemaslahatan rakyat banyak.

“ Intinya persoalan listrik dan konsumen ini masalah klasik, yang kami pun berharap pihak – pihak terkait jangan ada lagi kesan tertutup atas informasi yang dibutuhkan oleh publik. Kedepan saya berharap masalah ini bisa memberikan hasil yang bagus, agar supaya bisa menekan permasalahan daerah utamanya dibidang pelayanan publik.” Kata Tommy.

Sementara itu, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Syarifin Tuhala kepada Faktanews mengatakan bahwa tupoksi BPSK ialah focus pada masalah pelanggan PLN sebagai konsumen. Sehingga pihaknya berharap atas hasil Dialog ini, bisa memberikan dampak positif bagi pihak PLN dan juga masyarakat.

“ Saat ini, banyak sekali keluhan atas protes terhadap layanan pihak PLN. Dan semoga dengan hasil dialog ini bisa menekan angka permasalahan konsumen khususnya persoalan pelanggan PLN. “ Tutup Syarifin.

Dalam kegiatan ini, Masing – masing pihak dalam hal ini pihak penyelenggara, unsure DPRD, Pemerintah Daerah yang diwakili Kakan Kesbangpol Kabupaten Gorontalo serta pegiat yang hadir pun menandatangani Fakta Integritas atas perbaikan pelayanan PLN terhadap Pelanggannya.(FN02)

1,046 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments